Tidak Ada Salahnya Menjaga Kesehatan, Ini Menurut dr Spesialis Resiko Saraf Bagi Kaum Muda

- 9 Februari 2023, 09:11 WIB
Ilustrasi nyeri otot /Pexels.com/Karolina Grabowska
Ilustrasi nyeri otot /Pexels.com/Karolina Grabowska /

HARIAN BOGOR RAYA-Sobat muda meskipun usia muda bukanlah tidak mungkin rentan penyakit, namun tidak ada salahnya jika kita selalu menjaga kesehatan.

Salah satu penyakit yang perlu kita waspadai adalah gangguan saraf mulai dari yang ringan yang kerap kita alami, seperti kesemutan, sakit kepala dan penyakit sarap lainnya.

Dilansir Harian Bogor Raya pada Antara, Kamis 9 Februari  2023 menurut dokter spesialis saraf di Neuro Care by Klinik Pintar dr. Zicky Yombana, Sp.S mengatakan pada siaran persnya bahwa pasien ganguan saraf bergeser ke usia muda mulai dari 20 hingga 30 tahun ke atas.

Baca Juga: Mengenal Dalban Daram, Mangga Khas Kabupaten Bekasi Mirip Mangga Cengkir

Menurutnya gejala penyakit saraf kerap kali tidak disadari dan masyarakat kebanyakan dikaitkan dengan penyakit otot serta pada tulang, pemahaman ini yang mengakibatkan terlambatnya penanganan.

“Padahal, gangguan saraf memiliki spektrum yang sangat luas mulai dari hal ringan seperti kesemutan, sakit kepala, hingga yang hal kronis seperti stroke, " jelasnya.

Kurangnya kesadaran masyarakat untuk melakukan konsultasi pada dokter sepesialis saraf dan kebanyakan mereka melakukan pengobatan alternatif dengan meminum obat pereda sakit atupun dengan cara memijit atau urut, hal ini dapat berpotensi kambuh kemungkinan bertambah parah.

Baca Juga: Selain Hadiri Peringatan Hari Pers Nasional, Ini Kegiatan Presiden Jokowi Lainnya di Medan

Tambahnya menurut Zicky, masyarakat pada umumnya harus melakukan konsultasi ke dokter spesialis jika terjadi keluhan mendadak dengan intensitas yang semakin sering dan berulang diikuti rasa sakit yang berat.

Sebelum hal ini terjadi ada baiknya periksakan sedini mungkin karena dokter tidak hanya membantu masyarakat untuk menyadari resiko yang mungkin terjadi, bersumber dari Antara. ***


Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x