Tape Ketan Hitam Ternyata Memiliki Manfaat Bagi Kesehatan Kamu Wajib Tahu

- 6 Maret 2023, 21:50 WIB
Ketan hitam/jurnal soreang
Ketan hitam/jurnal soreang /

HARIAN BOGOR RAYA - Tape ketan hitam sudah dikenal masyarakat sebagai panganan yang dibuat dari ketan hitam dan diberi ragi untuk proses penjamuran agar menjadi tape.


Panganan ini biasanya dimakan dengan uli atau ketan putih yang sudah ditumbuk, sangat enak jika dihidangkan dengan secangkir teh pahit.

Tape yang bisanya dibuat dari singkong tak kalah enaknya dengan tape ketan hitam rasanya yang khas karena sudah difermentasi seperti juga halnya tape singkong.

Baca Juga: Deretan 5 Jenis Makanan Tidak Mengandung Kolesterol Tinggi

Hasil penelitian tape ketan hitam jika didiamkan dalam waktu lama akan menghasilkan minuman berkadar seperti alcohol karena hasil fermentasi tersebut.

Tape ketan hitam juga ternyata sangat bagus untuk pencernaan dan kesehatan tubuh lainnya, berikut beberapa manfaat tape ketan hitam :

Menjaga Sistem Pencernaan


Manfaat tape ketan hitam yang mengandung serat tinggi, akan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Serat membantu melancarkan buang air besar, mengurangi risiko terjadinya sembelit, dan menjaga kesehatan usus besar.

Baca Juga: Simak 5 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan, Terutama Perempuan

2. Menjaga Kesehatan Ginjal


Tape ketan hitam mengandung kalium yang tinggi, yang sangat penting bagi kesehatan ginjal. Kalium membantu mengurangi risiko terjadinya batu ginjal dan meningkatkan fungsi ginjal secara keseluruhan.

Halaman:

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x