Harga Komoditi Rempah-rempah Termahal di Dunia Cek Apa Saja

- 16 Maret 2023, 05:45 WIB
Cabe bubuk/fixabay
Cabe bubuk/fixabay /

HARIAN BOGOR RAYA - Rempah-rempah merupakan komoditi pokok dalam kehidupan sehari-hari karena rempah-rempah salah satu kebutuhan yang paling dicari baik oleh ibu-ibu rumah tangga maupun para pengusaha.

Sejak jaman dahulu bangsa Eropa yang terkenal dengan kuliner dengan citra rasa istimewa tak lepas dari bahan yang satu ini yaitu rempah-rempah, bahkan  sejak jaman penjajahan bengsa-bangsa menjajah sebenarnya memiliki tujuan yaitu rempah-rempah.

Rempah-rempah di Indonesia adalah sumber kekayaan alam, makanya tak diragukan lagi jika bangsa penjajah ingin menguasai Indonesia kerena kekayaannya salah satunya adalah rempah-rempah.

Baca Juga: Kunjungi Pasar Baleendah Bandung, Presiden Jokowi Pantau Harga Bahan Pangan

Hingga kini rempah-rempah menjadi satu kelebihan bangsa Indonesia yang terkenal dengan kekayaanya rempah-rempah dipasaranpun harganya tidak mengecewakan dan bahkan ada beberapa rempah-rempah  dengan harga termahal di dunia.

Berikut beberapa rempah-rempah yang dapat dikatagorikan dengan harga termahal di dunia :

-Kayu Manis
Kayu manis merupakan rempah tertua di dunia yang masih digunakan untuk menambah cita rasa makanan. Meskipun telah banyak dibudidayakan di banyak negara, rempah ini tetap memiliki harga yang tinggi. 
Saking berharganya, di tahun 1530 seorang pedagang Anton Fugger membakar surat perjanjian hutang Charles V, kaisar kerajaan Romawi Suci di hadapan Charles langsung dengan batang kayu manis untuk menunjukkan kekayaan yang luar biasa. 

Baca Juga: Pemerintah Hitung Harga Gabah Kering Panen Atau GKP Bagi Petani

-Saffron
Rempah ini berasal dari bunga Crocus Sativus yang diambil kepala putiknya. Untuk mendapatkan satu kilogram saffron, para petani harus membutuhkan sekitar 40 jam lamanya. Saffron merupakan rempah termahal di dunia. Hal ini karena proses panen saffron dibutuhkan ketelitian dan kesabaran yang sangat tinggi agar tidak ada kerusakan. Tanaman ini biasanya dipanen di India, negara Mediterania dan sebagai Timur Tengah. Adapun, harganya sekitar £15.000 atau Rp290.129.550 (kurs Rp19.344) per kilogram.

-Lada
Hampir semua orang tentu pernah menggunakan lada sebagai tambahan rempah-pada makanan. Lada berasal dari India. Namun, kini rempah ini telah banyak dibudidayakan di negara Asia Tenggara dan Brasil. 
Menariknya lagi, di zaman dahulu harga lada sangat tinggi di Eropa. Namun, saat Christopher Columbus berusaha mencari jalur laut agar bisa membawa lada dari India ke Eropa dengan biaya lebih murah. Alhasil, harga lada turun seketika. Karena, Christopher Columbus berhasil menemukan rempah-rempah baru yang tak terhitung jumlahnya.

-Vanili
Rempah ini mahal karena berasal dari anggrek genus Vanili yang diserbuki menggunakan tangan dan dipanen dengan tangan juga. Tumbuhan ini mengeluarkan rasa vanila. Adapun, yang paling terkenal berasal dari biji Bourbon Vanilla Madagascar karena rasanya yang kaya serta lembut. Madagaskar dan Meksiko merupakan penghasil rempah vanila paling besar di dunia. 
Saat ini harga rempah vanila berada di kisaran £250 atau sekitar Rp4.833.992 (kurs Rp19.344) per kilogram. Harga tersebut sedikit menurun dari sebelumnya di tahun 2018 pernah mencapai Rp11,6 juta per kilogram.

Baca Juga: Harga Komoditi Rempah-rempah Termahal di Dunia Cek Apa Saja

-Kapulaga
Rempah ini memiliki dua tipe, yakni hitam dan hijau. Kapulaga hitam memiliki rasa smoky dan asam. Sehingga cocok untuk menambah gurih hidangan. Sedangkan, kapulaga hijau memiliki rasa biasa ditambahkan pada makanan penutup. Tanaman ini tumbuh di India dan Madagaskar. Harga jualnya per kg mencapai €60 atau Rp998.150 (kurs Rp 16.635).

Demikian salah satu nama rempah-rempah yang menjadi komoditi dengan harga termahal.***

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x