Belum Banyak Yang Tahu Manfaat Biji Labu, Cek Apa Saja

- 19 Maret 2023, 19:26 WIB
NoName_13 / 2494 images/buah labu/fixabay
NoName_13 / 2494 images/buah labu/fixabay /


HARIAN BOGOR RAYA - Siapa yang tak tahu buah labu, buah ini biasanya banyak digunakan untuk sayur, namun bisa juga dikonsumsi sebagai panganan tambahan.

Beragam cara untuk mengkonsumsi buah labu selain dijadikan sayur bisa juga dengan cara dibuat kolak ataupun direbus lalu dibumbui parutan kelapa, rasanya bisa anda coba di rumah.

Biasanya saat anda mengkonsumsi buah labu akan membuang bijinya, namun tahukah anda bahwa biji labu banyak mengandung nutrisi, lemak, protein serta beberapa vitamin seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6 serta vitamin B9.

Baca Juga: Deretan Manfaat Kesehatan Konsumsi Buah Mentimun

Masih banyak lagi, selain mengandung serat juga mengandung vitamin C, vitamin E dan vitamin K, selain itu biji labu juga mengandung mineral diantara kalsiun, zat besi, mangan, fosfor, magnesium, kalsium, seng dan berbagai jenis kandungan lainnya yang dapat bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat biji labu sangat bermanfaat bagi kesehatan seperti  dikutip Harian Bogor dari PMJ Minggu 19 Maret 2023 diantaranya :

-Mengobati Peradangan
Setiap 100 gram biji labu kuning mengandung sekitar 10 miligram mineral zinc (seng) yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan, jumlah tersebut menyumbang sebagian besar dari asupan harian yang direkomendasikan.
Sementara itu, seng merupakan mineral yang mengandung antioksidan dan bersifat anti-peradangan. Kedua hal tersebut tentu berperan penting dalam proses metabolisme tubuh.
Terlebih lagi, kandungan antioksidan pada seng dalam biji labu kuning pun memberikan manfaat lain, yakni melawan peradangan tubuh. 

Baca Juga: Deretan Buah Positif Buat Kesehatan, Termasuk Penambah Darah Bagi Penderita Anemia

-Menurunkan Resiko Osteoporosis
Ada banyak manfaat biji labu dalam hal meningkatkan kepadatan tulang. Karena kandungan magnesium dan kalsiumnya yang tinggi, biji labu mendukung tulang yang kuat.

-Menjaga Kesehatan Jantung
Salah satu manfaat biji labu kuning yang sayang dilewatkan yaitu menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, fitosterol dan asam lemak omega-3 dalam biji labu kuning dapat menurunkan kadar kolesterol LDL.
Bahkan, menurut studi dari Lipid Technology, kedua senyawa ini dapat mencegah penggumpalan darah dan penyakit aterosklerosis. Tidak heran bila biji labu kuning dipercaya dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Baca Juga: Penting! 5 Manfaat Kesehatan Konsumsi Buah Semangka

-Mengurangi Resiko Kanker
Biji labu dan makanan lain seperti teh hijau, buah delima, dan lainnya, memiliki sifat anti kanker. Pola makan yang memasukkan biji labu bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker perut, payudara, dan prostat.
Memanfaatkan biji kedelai, biji rami, biji bunga matahari, dan biji labu secara signifikan bisa meningkatkan kesehatanmu dalam jangka panjang.

-Mengontrol Diabetes
Biji labu kuning merupakan salah satu sumber magnesium yang baik untuk para penyandang diabetes.
Magnesium diklaim dapat membantu menurunkan kadar gula darah dengan meningkatkan produksi insulin dan mengurangi stres oksidatif tubuh.
Kedua hal tersebut dapat membantu mencegah penyakit diabetes tipe 2 seperti dilansir dari penelitian yang dimuat dalam Advanced Pharmaceutical Bulletin.

Nah itulah beberapa manfaat biji labu yang jarang kita tahu.***

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x