Stop Selfie dan Memotret, Ini Larangan Pada Hari Raya Nyepi Yang Belum Kamu Tahu

- 22 Maret 2023, 12:16 WIB
StockSnap / 27551 images/Berfoto fixabay
StockSnap / 27551 images/Berfoto fixabay /


HARIAN BOGOR RAYA - Dalam kepercayaan umat Hindu melakukan  cipta hening adalah untuk menyatukan pikiran dan alam serta menciptakan ketenangan.

Nyepi merupakan hari raya umat Hindu yang dirayakan setiap Tahun Baru Saka, sesuai namanya pada hari raya Nyepi umat Hindu tidak melakukan aktivitas serta larangan lainnya yang harus dipatuhi.

Larangan itu tertulis pada aturan Catur ( Brata) yaitu penyepian, diantaranya amati karya, ( tidak bekerja) amati lelungan ( tidak berpergian) amati geni ( tidak menyalakan api) serta amati lelaguan ( tidak bersenang-senang). 

Baca Juga: 10 Kalimat Ucapan Hari Raya Nyepi 2023 Penuh Makna dan Doa, Cocok Untuk Share ke Teman hingga Saudara

Pada perayaan Nyepi yang harus dipatuhi umat Hindu apa saja?  Berikut larangan yang harus dipatuhi pada saat peraayan Nyepi yang sebagian orang mungkin belum tahu.

Tidak Boleh Berisik

Untuk menghormati suasana yang tenang, anda tidak boleh bersuara atau memasang volume terlalu kencang. Misalnya seperti menyalakan TV atau memainkan musik dengan volume yang kencang.

Tidak Berpergian

Pada hari raya Nyepi
anda diharuskan berdiam diri tidak boleh jalan-jalan ke luar dan tetap tinggal di rumah atau penginapan. Jika melanggar, anda akan diamankan oleh petugas keamanan adat yang berpatroli saat Nyepi.

Baca Juga: 3 Zodiak Anti Miskin, Hoki dan Rezeki Datang Sendiri Tak Berhenti

Tidak Melakukan Reservasi

Tahan niat kamu yang ingin mereservasi hotel pada Hari Raya Nyepi. Dikarenakan semua operasional wisata dan transportasi ditiadakan menuju hari Nyepi.

Tidak Menyalakan Api dan Lampu Beranda Rumah

Lampu beranda atau teras rumah tidak diperkenankan menyala pada saat hari raya Nyepi  anda bisa menyalakan satu atau dua lampu kamar, tapi usahakan jangan terlalu terang atau tampak dari luar.

Stop Mengunggah foto Apalagi Selfi

Nah ini yang sering kita tidak tahan saat ada tempat untuk berselfi dan ingin mengunggah ke medos
tahan saja dulu, peraturan untuk tidak selfie di jalan, merekam kegiatan Nyepi, dan mengunggahnya ke media sosial sudah disosialisasikan oleh pemerintah setempat. Kegiatan ini dianggap melanggar larangan Catur Brata di yakni 'amati lelanguan' (tidak boleh melakukan kegiatan hiburan).

Nah itulah aturan yang harus ditaati saat perayaannya Nyepi bagi anda yang menganut umat Hindu.***



Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x