Saat Berpuasa Tetap Jaga Pola Makan dengan Nutrisi dan Menu Seimbang

- 26 Maret 2023, 20:39 WIB
Menu Makan Saat Buka Puasa. (Foto: Prisca/Antara)
Menu Makan Saat Buka Puasa. (Foto: Prisca/Antara) /


HARIAN BOGOR RAYA - Selain diwajibkan, puasa juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh  hal ini juga dibenarkan oleh dokter wellness dan anti-aging Merula IVF Jakarta Fanny R. Imannudin.


Menurutnya  puasa ada beberapa pengaruh dalam proses detoxifikasi dalam tubuh salah satunya fungsi lever.

"Terkadang tubuh memerlukan detoksifikasi. Tetapi terkadang pola nutrisi dan kebiasaan hidup yang kurang baik dapat mengurangi proses tubuh untuk melakukan detoksifikasi pada fungsi organ," ujarnya dikutip Harian Bogor Raya dari RRI, Minggu 26 Maret 2023.

Baca Juga: Bisa Kurangi Ukuran Perut Hingga Untungkan Kesehatan, Ketahui Dampak Puasa Ramadan Sebulan Penuh

Fungsi lever sangat dipengaruhi oleh konsumsi makanan yang tidak sehat serta kurangnya minum air putih, dan ditambah lagi sering makanan cepat saji serta jam tidur.

Saat puasa  kebutuhan tubuh memerlukan banyak asupan  dan ekstra kerasa dalam detoksifikasi terutama pada saat siang untuk itu diperlukan nutrisi yang seimbang saat sahur.

"Sebaiknya waktu antara makan malam dan waktu tidur diberi jeda waktu 4 jam, karena setelah makan tubuh kita akan memproduksi yang namanya insulin. Ketika tubuh selesai memproduksi insulin lalu kita tidur malam maka lever tidak akan memproduksi secara alami untuk proses detoksifikasinya," tambahnya.

Baca Juga: Deretan Makanan dan Minuman Dikira Buruk, Ternyata Baik untuk Kesehatan

Sebaik saat berpuasa kita bisa mengikuti pola makan  dan tidur dari hari biasa sebab dengan menyesuaikan pola makan akan menjaga kesehatan.

"Ketika kita sahur mengkomsumsi nutrisi yang tidak sehat maka proses detoksifikasi yang harusnya berjalan 12 jam pada akhirnya berakhir tidak maksimal. Nutrisi yang tidak sehat seperti terlalu banyak mengkomsumsi karbo, atau konsumsi proteinnya yang terlalu banyak, atau makanan-makanan yang sifatnya mengandung pemanis,"  tutupnya.***


Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x