Sembuhkan Luka Batin Dengan Cara Melakukan Hal Positif

- 27 Maret 2023, 17:11 WIB
Berpasrah/tangkap layar motivasi medsos
Berpasrah/tangkap layar motivasi medsos /


HARIAN BOGOR RAYA - Setiap orang pasti memiliki rasa sedih, kecewa dan masalah lainnya yang kita hadapi manakala hati kita tersentak oleh kebuntuan.

Akibatnya kita merasakan kecewa berat, murung dan tidak bergairah menghadapi hidup lantaran batin kita terluka.

Luka batin memang luka yang lama disembuhkan bahkan bisa bertahun-tahun, ironisnya kita mengabaikan dan akhirnya kita terjebak dalam lingkaran tersebut.

Baca Juga: Jaga Kondisi Tubuh Anda Saat Pergantian Musim, Berikut Beberapa Tip Untuk Menjaga Kesehatan Anda

Luka batin diakibatkan bermacam-macam, entah itu akibat cinta bertepuk sebelah tangan atau karena keinginan kita yang diimpikan tidak pernah terwujud, sehingga menimbulkan rasa kekecewaan yang mendalam.

Sebaiknya anda harus cepat melakukan tindakan demi menyelamatkan hidup anda, karena luka batin itu kalau dibiarkan berlarut akan berbahaya bagi kesehatan baik secara kejiwaan maupun mental anda.

Ada beberapa tips untuk mengatasi luka batin yang mendalam, kita harus melakukan self healing  atau penyembuhan batin dengan pikiran dan hati yang positif.

Baca Juga: Manfaat Minum Teh Yang Harus Kamu Tahu, Ini Kata Ahli Kesehatan

Berikut cara agar anda sedikit demi sedikit dapat melupakan luka batin anda :

1 Lakukan hal-hal yang positif
Melakukan kegiatan positif selain bermanfaat bagi diri anda dan dengan cara ini anda lebih rileks dan melupakan masalah anda, lakukan saja hal yang positif, seperti menulis, membaca buku atau mendengarkan musik yang membuat anda rileks.

2 Berolahraga.
Terbukti kegiatan berolahraga dapat meningkatkan imun dan pikiran rileks meskipun hanya sekedar berjalan-jalan di taman sambil menghirup udara segar.

Baca Juga: Olahraga Tumbuhkan Semangat Pantang Menyerah

Kalau kita rutin metabolisme pikiran kita akan pulih dari segala kekuatiran dan juga luka bathin yang sudah kronis.

3 Cukup Tidur
Buanglah pikiran yang mengganjal di hati, hal ini akan memperburuk keadaan sehingga dengan berlam-lama melamun anda kurang tidur dan selalu teringat akan masalah.

Dengan cukup tidur dapat menyembuhkan hati yang galau, dan memperbaiki suasana hati, biasakan tidur tepat waktu dan cukup waktu untuk memulihkan hati dan pikiran.

Baca Juga: Mandi Dulu Apa Makan Dulu? Begini Kata Ahli Kesehatan

4 Belajar Memaafkan diri sendiri
Ini sangat penting karena kalau kita memvonis terus menerus rasa bersalah anda akan selalu dihantui oleh perasaan tersebut yang mengakibatkan anda mengalami perasaan yang tidak nyaman dan tidak bahagia.

Belajarlah memafkan diri sendiri dan lupakan masalah untuk mengembalikan pikiran anda lebih positif dan bersemangat.

5 Jangan Menyerah  Dengan Mimpi
Cita-cita ataupun impian besarmu janganlah merasa bosan dan menyerah untuk mewujudkan mimpimu, mimpi akan terwujud jika kita terus termotivasi menjadi kenyataan.

Tentu hal ini akan membuatmu kecewa jika kita tidak berjuang dan mewujudkan, karena waktu akan terus berlalu tak ada lagi kesempatan jika kita lewatkan masa muda dengan mengejar mimpi besarmu.***



Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x