Menurut Ahli Kesehatan Pentingnya Tidur Pada Anak

- 30 Maret 2023, 06:45 WIB
ddimitrova / 85 images/tidur/fixabay
ddimitrova / 85 images/tidur/fixabay /


HARIAN BOGOR RAYA - Pada usia pertumbuhan tidur yang cukup sangat dibutuhkan pada anak untuk meningkatkan hormon hal ini disampaikan ahli kesehatan Profesor ilmu Kesehatan anak dari Universitas Indonesia, Prof. Dr. dr. Aman Pulungan, Sp.A(K), FAAP, FROM(Hon).

Menurutnya waktu tidur bagi anak dalam sehari berbeda seusia usianya, bayi yang berusia tiga bulan  waktu yang tidur yang dibutuhkan lebih panjang antara 14 hingg 17 jam termasuk tidur siang, untuk usia empat hingga sebelas bulan harus tidur selama 12 hingga 16 jam dalam sehari.

"Ketika anak kurang tidur hormon pertumbuhannya turun. Kalau ini terjadi tahunan, lima sampai 10 tahun dia (anak) kurang tidur, potensi pertumbuhannya terganggu," ujar Aman dalam acara siaran langsung akun Instagram RSCM Kencana, dikutip Harian Bogor Raya dari Antara, Kamis 30 Maret 2023.

Baca Juga: Penelitian Ungkap Anda Benar-benar Harus Tidur Nyenyak

Lanjutnya ia mengatakan tidur merupakan hak anak  jika kurang tidur pada anak akan mengakibatkan pertumbuhannya tidak optimal dan berpotensi mengalahkan beberapa penyakit salah satunya termasuk diabetes.

"Bahkan sampai selesai masa anak yang 18 tahun ini, tidak ada ditawar-tawar lagi tidur harus minimal delapan jam," ujar Aman.

Peran orang tua agar menciptakan situasi yang memungkinkan anak bisa tidur dan menghindari terpapar gawai sebelum tidur.

Baca Juga: Deretan Makanan Bisa Bantu Atasi Sulit Tidur, Termasuk Jika Tidak Bisa Tidur Nyenyak

"Kortisol meningkat (saat anak kurang tidur). Ini juga menganggu pertumbuhannya, membuat anak lebih gemuk dan overweight (kelebihan berat badan) sebelum menjadi diabetes," jelasnya.***

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x