Saat Berpuasa Penuhi Asupan Nutrisi dan Buah, Lima Macam Buah Ini Sangat Baik Untuk Kesehatan

- 30 Maret 2023, 11:24 WIB
Apel Merah/955169 / 231 images/Fixabay
Apel Merah/955169 / 231 images/Fixabay /


HARIAN BOGOR RAYA - Puasa  merupakan proses perbaikan metabolisme tubuh untuk merefres  selama satu bulan yang biasanya tubuh melakukan pola makanan yang masuk.

Selama berpuasa tentu asupan makanan maupun nutrisi lainnya berkurang, sehingga tubuh menjadi lemas tak bertenaga.

Salah satu cara agar saat berpuasa adalah diperlukan asupan vitamin yang cukup, nah agar puasa anda tetap sehat makanlah buah segar yang mengandung serat dan vitamin.

Baca Juga: Deretan Manfaat Kesehatan Jika Konsumsi Buah Kiwi Saat Sahur

Anda sangat dianjurkan untuk mengkonfirmasi buah agar tetap seimbang dan sehat saat berpuasa, berikut  buah-buahan yang sangat bermanfaat buat kesehatan terlebih saat bulan Ramadan.

1. Kurma
Kurma dikenal sebagai salah satu makanan terbaik untuk berbuka puasa karena mengandung banyak serat, protein, dan mineral. Kurma juga padat kalori sehingga bisa membuat tubuh berenergi kembali setelah seharian berpuasa.

2. Semangka
Buah semangka terkenal dengan kandungan airnya yang melimpah sehingga cocok dikonsumsi saat berbuka puasa. Anda akan mendapatkan asupan vitamin, mineral, dan senyawa antioksidan yang dapat mengembalikan keseimbangan elektrolit.

Baca Juga: Daftar 2 Menu Es Buah Konnyaku, Bisa Jadi Salah Satu Menu di Bulan Ramadan

3. Anggur
Buah anggur bisa menjadi alternatif yang baik untuk buka puasa. Buah ini memiliki rasa segar dan manis yang dapat mengembalikan cairan dan gula di dalam tubuh. Selain itu, kandungan air dan seratnya juga bisa membantu mencegah sembelit.

4. Apel
Meski kandungan airnya tidak sebanyak semangka, buah apel mengandung serat yang juga bermanfaat bagi kesehatan. Di dalam tubuh Anda, serat pada apel akan membantu menyiapkan organ-organ pencernaan untuk menerima makanan yang lebih padat.

5. Jeruk
Sebagian besar kandungan jeruk yaitu karbohidrat dan air, dengan gula berbentuk glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Meski tinggi kandungan gula, buah jeruk tidak meningkatkan gula darah dengan cepat sehingga aman bagi penderita diabetes.

Nah itulah beberapa buah yang dianjurkan untuk tubuh saat berpuasa, dikutip dari berbagai sumber.***


Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x