Ini Perbedaan ADD dan DD Juga Samisade di Kabupaten Bogor

- 30 Maret 2023, 11:36 WIB
Ilustrasi Dana Desa dan Anggaran Dana Desa/Ini Perbedaan ADD dan DD Juga Samisade di Kabupaten Bogor
Ilustrasi Dana Desa dan Anggaran Dana Desa/Ini Perbedaan ADD dan DD Juga Samisade di Kabupaten Bogor /Antara Foto/

HARIAN BOGOR RAYA - Berikut ini sekilas tentang apa Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) juga Dana Satu Miliar Satu Desa (Samisade), garis besarnya adalah DD menjadi kewajiban Pemerintah Pusat sedangkan ADD wewenang Pemerintah Daerah begitu juga Samisade.

Wajib tahu, Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (DD) adalah dua konsep berbeda walau terkait dalam konteks pengelolaan keuangan desa di Indonesia , begitu pun dengan kabupaten Bogor, ada juga bantuan infrastruktur desa berupa program Satu Miliar Satu Desa.

Meski ada kemiripan nama antara DD dan ADD, namun DD dan ADD sungguh berbeda, mulai dari sumber dana, penyaluran, hingga penggunaannya.

Baca Juga: Perbup ADD Kabupaten Bogor 2023 Belum Terbit? Benarkah Perangkat Desa Belum Dapat Gaji Hingga Maret Ini

Dana Desa bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Diketahui, Dana Desa (DD) adalah dana yang diberikan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan kepada setiap desa di Indonesia, yang bertujuan untuk mempercepat pembangunan di tingkat desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. 

Sementara itu, Anggaran Dana Desa (ADD) adalah rencana penggunaan Dana Desa yang disusun oleh pemerintah desa dengan melibatkan masyarakat desa, dan disetujui oleh Bupati/Walikota setempat dan didanai dari Pemda setempat.

Sementara untuk program Samisade (Satu Miliar Satu Desa) Pemerintah Kabupaten Bogor menggelontorkan anggaran bantuan keuangan infrastruktur sebesar Rp407 miliar dalam Anggaran Pendapatan Belanja. Daerah (APBD) 2023 untuk 416 Desa di Kabupaten Bogor.

Baca Juga: Gaji Perangkat Desa Telat 3 Bulan, Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan Jelaskan Ini

Dengan demikian, perbedaan antara Dana Desa dan Anggaran Dana Desa adalah sebagai berikut:

Halaman:

Editor: Didin Harian Bogor Raya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x