Ini Kata Ahli, Minum Dua Cangkir Teh Dapat Membantu Daya Ingat

- 4 Juni 2023, 14:58 WIB
Secangkir teh/Pixabay.
Secangkir teh/Pixabay. /


HARIAN BOGOR RAYA - Seiring bertambahnya usia tentunya ingatan pun semakin berkurang hal tersebut adalah faktor alami, namun ada beberapa usaha untuk lebih fresh daya ingat kita.



Menurut penelitian minum dua cangkir teh setiap hari bisa membantu melindungi ingatan  karena kimia alami dalam teh yang disebut flavonoid dapat meningkatkan kekuatan otak dan membantu daya ingat.

Menurutnya sampai pada temuan ini setelah mempelajari peran flavonoid yang juga ditemukan dalam apel dan buah beri dalam memengaruhi daya ingat lebih dari 3.500 orang berusia di atas 60 tahun yang sehat, satu kelompok meminum 500 mg sehari atau setara dengan dua cangkir teh, sementara kelompok lainnya meminum plasebo.

Baca Juga: Penting! Ini 5 Manfaat Kesehatan Minum Teh Pahit

Lanjutnya  mereka diberi tugas mengingat kata untuk menguji ingatannya selama tiga tahun penelitian.

Skor akhir pada kelompok flavonoid rata-rata 10,5 persen lebih baik, meningkat menjadi 16 persen bagi mereka yang memulai dengan asupan terendah dalam diet mereka secara keseluruhan.

Menurut Prof Gunter Kuhnle dari University of Reading, Inggris mengatakan bahwa minum teh adalah cara termudah untuk meningkatkan asupan flavonoid. Ia menyebut dua cangkir sudah cukup untuk dikonsumsi setiap orang.

Baca Juga: Survei Menggembirakan Bagi Orang Dewasa Suka Minum Teh Tiga Cangkir Per Hari

"Jika Anda minum teh, dan juga ingin minum susu, itu tidak masalah karena tidak memengaruhi penyerapan flavonoid," ujar Kuhnle, seperti dilansir dari laman The Sun, dikutip Harian Bogor Raya dari PMJ, Minggu 4 Juni 2023.

Sementara itu Dokter Scott Small dari Columbia University di Amerika Serikat mengatakan, kehilangan memori yang berkaitan dengan usia bervariasi pada setiap orang.

"Jika hal ini disebabkan oleh perbedaan konsumsi flavonoid, kita akan melihat peningkatan yang lebih dramatis pada orang yang menambah asupan flavonoid di usia 40-an dan 50-an," ungkap Scott Small. ***

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x