5 Penyebab Kaki Terasa Pegal dan Cara Mengatasinya

- 5 September 2023, 23:07 WIB
Ilustrasi kaki.
Ilustrasi kaki. /PIXABAY/Girlfeet

HARIAN BOGOR RAYA - Kaki yang terasa pegal adalah masalah umum yang dapat mengganggu kenyamanan sehari-hari kita. Rasa pegal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari aktivitas fisik yang berlebihan hingga masalah kesehatan tertentu.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lima penyebab utama kaki terasa pegal dan cara mengatasinya.

1. Aktivitas Fisik Berlebihan

Aktivitas fisik yang berlebihan atau tiba-tiba dapat membuat otot-otot kaki terasa pegal. Ini sering terjadi setelah berolahraga intensitas tinggi atau berjalan jarak jauh. Untuk mengatasi pegalnya kaki akibat aktivitas fisik berlebihan, berikan waktu istirahat yang cukup untuk memungkinkan otot-otot pulih dan berkembang kembali. Pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah berolahraga juga dapat membantu mencegah pegalnya kaki.

2. Kurangnya Istirahat

Kurang tidur atau kurangnya istirahat juga dapat menyebabkan kaki terasa pegal. Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup setiap malam, idealnya 7-9 jam per hari. Selain itu, cobalah untuk mengangkat kaki Anda selama beberapa menit setiap jam jika Anda bekerja dalam posisi duduk atau berdiri terlalu lama. Ini akan membantu mengurangi tekanan pada kaki Anda.

Baca Juga: Manfaat Jalan Kaki 30 Menit Per Hari untuk Menurunkan Berat Badan dan Umur Panjang

3. Dehidrasi

Kekurangan cairan dalam tubuh bisa membuat otot-otot kaki menjadi lebih rentan terhadap pegal. Pastikan Anda minum cukup air sepanjang hari, terutama jika Anda aktif secara fisik. Jika kaki Anda terasa pegal akibat dehidrasi, minumlah air secukupnya dan hindari minuman beralkohol atau berkafein yang dapat mengeringkan tubuh.

Halaman:

Editor: Herawati Nurlia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah