Membangun Kesehatan Mental Anak Dengan Kata-kata Positif

- 18 Mei 2024, 23:12 WIB
Iluminasi/Pixabay
Iluminasi/Pixabay /

HARIAN BOGOR RAYA - Dampak akan terlihat jauh lebih bermanfaat menggunakan Kata-kata positif terhadap perkembangan mental dan membentuk kepribadian anak.

Pada lama Hindustan Times menulis  umpan balik menyoroti upaya kemajuan memvalidasi upaya merayakan pertumbuhannya anak.

"Hal ini membangun kepercayaan diri dan citra diri yang positif. Daripada mengatakan ‘pekerjaan bagus’, lebih baik ‘Saya menyukai cara kamu menggunakan warna berbeda dalam gambar itu, " ujar Psikoterapis Mansi Poddar
dikutip Harian Bogor Raya dari Antara, Sabtu 18 Mei 2024.

Baca Juga: Penelitian Ungkap Soal Anak-anak dengan Eksim dan Vitamin D

Menurutnya ia mengungkapkan umpan balik dengan komentar positif dapat membawa kegembiraan sejati dalam pembelajaran dan pencapaian anak. Hal ini memupuk kecintaan terhadap pembelajaran dan motivasi diri. Beri apresiasi pada kerja keras yang dilakukan seorang anak.

ABaca Juga: Alasan Penting Anak-anak Sejak Dini Harus Dididik Gaya Hidup Sehat

"Ketika kita merayakan upaya demi tantangan, hal ini membantu meningkatkan ketahanan pada anak. Tanggapan sederhana seperti, ‘Saya tahu ujian itu sulit, tetapi kamu terus berusaha!’, dapat membuat perbedaan besar. Di sini anak-anak belajar bahwa kesalahan adalah batu loncatan, bukan kemunduran. Hal ini membangun ketabahan dan kemampuan untuk bangkit kembali dari kemunduran,” jelasnya.***

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah