Jarang Anda Ketahui Manfaat Lobak, Simak Apa saja Manfaatnya

- 16 Desember 2023, 21:45 WIB
Lobak putih/Pixabay
Lobak putih/Pixabay /


HARIAN BOGOR RAYA - Siapa sangka lobak banyak menyimpan manfaat bagi kesehatan, selama ini Anda mengenal lobak sebagai salah satu keluarga sayur mayur yang diambil dari akarnya seperti halnya kentang.

Namun tahukah bahwa lobak banyak manfaat yang terkandung di dalamnya berupa vitamin C, folat, zat besi dan kalsium, sayuran ini masih satu famili dengan brokoli, kubis mini, phok choy dan kale.

Beberapa manfaat lobak yang jarang Anda ketahui dapat Anda simak dalam artikel ini yang dirangkum dari berbagai sumber diantaranya :

Melindungi Hati
Lobak mengandung antosianin dan senyawa sulfur, seperti glukosinolat, yang telah terbukti dapat membantu mengurangi toksisitas hati berdasarkan beberapa studi yang telah dilakukan.

Turunkan Resiko Kanker
Lobak mengandung senyawa yang disebut sulforaphane juga berpotensi memiliki peran dalam pengobatan kanker, dan sayuran cruciferous ternyata mengandung kadar sulforaphane yang tinggi lho!
Sebuah studi pada 2015 menemukan bahwa senyawa sulforaphane dapat mengganggu fungsi histone deacetylase, yaitu enzim yang berperan dalam perkembangan sel kanker.

Tingkatkan Kesehatan Tulang
Lobak mengandung vitamin K yang berperan penting dalam metabolisme tulang. Terdapat studi yang menunjukkan fakta bahwa glukosinolat dapat mempengaruhi pembentukan tulang. Untuk itu, mengonsumsi lobak dapat memberikan dampak yang baik untuk pembentukan tulang.

Mengontrol Kadar Gula
Darah Kadar gula darah harus diperhatikan, terutama oleh mereka yang mengidap diabetes. Terdapat beberapa penelitian pada hewan yang menunjukkan fakta bahwa lobak mungkin memiliki efek antidiabetes.
Selain itu, fakta lainnya adalah, ekstrak lobak membantu memperbaiki gangguan metabolisme yang terkait dengan diabetes seperti kadar kolesterol tinggi dan trigliserida.

Tingkatkan Produksi Sel Darah
Merah Daun lobak terbukti kaya akan folat yang penting untuk memproduksi sel darah merah, dan juga dikenal dapat membantu mencegah masalah pada perkembangan janin.

Nah itulah beberapa manfaat buah lobak yang perlu Anda ketahui karena banyak manfaat yang terkandung di dalamnya.***

 

 

 

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah