Ini 5 Jenis Nyamuk yang Menjadi Penyebab Malaria

- 12 Juli 2023, 12:21 WIB
ilustrasi nyamuk.
ilustrasi nyamuk. /Pexels/Jimmy Chan/

HARIAN BOGOR RAYA - Malaria adalah penyakit menular yang disebabkan oleh parasit bernama Plasmodium yang ditularkan melalui gigitan nyamuk.

Nyamuk adalah vektor utama penyakit malaria, dan ada beberapa jenis nyamuk yang berperan penting dalam penyebaran penyakit ini. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa jenis nyamuk yang menjadi penyebab malaria.

1. Anopheles gambiae

Anopheles gambiae adalah salah satu jenis nyamuk yang paling terkenal sebagai vektor malaria. Nyamuk betina Anopheles gambiae menggigit manusia untuk mencari darah yang diperlukan untuk perkembangan telur. Nyamuk ini umumnya ditemukan di daerah beriklim tropis dan subtropis di Afrika. Mereka membawa parasit Plasmodium falciparum yang merupakan penyebab paling mematikan dari semua spesies Plasmodium.

Baca Juga: Deretan Kesalahan Pemilik Rumah dan Halaman, Undang Nyamuk Hingga Berkembang Biak

2. Anopheles Mosquitoes (Kelompok Spesies)

Selain Anopheles gambiae, ada banyak spesies nyamuk Anopheles lainnya yang juga berperan dalam penyebaran malaria. Beberapa spesies yang paling umum ditemui di berbagai wilayah termasuk Anopheles arabiensis, Anopheles funestus, dan Anopheles stephensi. Masing-masing spesies ini memiliki preferensi ekologi dan geografis tertentu, tetapi semuanya dapat menjadi vektor bagi penyakit malaria.

3. Anopheles darlingi

Anopheles darlingi adalah nyamuk vektor malaria yang banyak ditemui di Amerika Tengah dan Selatan. Spesies ini terlibat dalam penularan malaria di negara-negara seperti Brasil, Peru, Kolombia, dan Venezuela. Anopheles darlingi biasanya hidup di daerah hutan dan merupakan vektor penting dalam penyebaran Plasmodium vivax, salah satu spesies Plasmodium yang menyebabkan malaria.

Halaman:

Editor: Herawati Nurlia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x