Risiko Paparan Matahari Berlebihan Berdampak Pada Flek Hitam Pada Wajah, Ini Cara Pencegahannya

- 8 Mei 2024, 09:56 WIB
Ilustrasi/Pexel
Ilustrasi/Pexel /


HARIAN BOGOR RAYA - Paparan sinar matahari saat cuaca panas menjadi masalah bagi kulit wajah yang peka dan sensitive yang mengakibatkan timbul flek hitam.

Ahli kulit dr spesialis Dr. dr. Fitria Agustina, Sp. D.V.E., FINSDV, FAADV memamparkan flek hitam dapat dicegah dengan produk perawatan kulit yang dapat mencerahkan seperti serum vitamin C.

"Produk dengan bahan seperti konic acid, asam azelaat, atau vitamin C dapat membantu memudarkan flek hitam dengan penggunaan yang teratur,”  ujarnya dikutip dari kantor berita Antara, Rabu 8 Mei 2024.

Baca Juga: 8 Ciri-Ciri Kulit Wajah yang Terpapar Polusi Udara dan Langkah Perlindungannya

Lanjutnya ia mengatakan sinar matahari yang berlebihan pada wajah dapat meningkatkan risiko atau flek hitam pada kulit, hal ini diakibatkan orang yang memiliki riwayat hiperpigmentasi  kulit yang sudah ada.

Ia menyarankan agar hal ini untuk menggunakan tabir surya brodspectrum dengan SPF tinggi minimal 30 dan PA ++++ untuk menghindari paparan berlebihan terhadap sinar matahari.

Untuk menjaga kelembaban ia juga mengatakan agar menggunakan pelembab yang ringan dan tidak berminyak untuk menjaga kelembaban kulit terutama setelah mandi atau berada di bawah sinar matahari.

"Exfoliasi dengan AHA dapat membantu mengangkat lapisan kulit yang mengandung pigmentasi berlebihan, dan Retinol topikal dapat membantu merangsang pergantian sel kulit baru dan memudarkan flek hitam secara bertahap,” paparnya.

Baca Juga: Deretan Bahan Alami dan Murah, Buat Perawatan Kulit Wajah Tetap Kencang Meski Sudah Berumur

Saran lainnya untuk banyak mengkonsumsi air putih  untuk mencegah dehidrasi, kulit kering dan terlihat kusam dan juga banyak makan buah dan sayuran, selai itu bagi yang mengkonsumsi kopi dalam jumlah banyak perlu diwaspadai risiko kehilangan banyak cairan tubuh.

"Hindari paparan langsung matahari pada pukul 9 pagi hingga 4 sore ketika sinar matahari paling kuat. Gunakan topi atau payung untuk melindungi kulit dari sinar matahari langsung, pilih pakaian yang longgar dan berbahan ringan untuk menjaga tubuh tetap sejuk,” tutupnya.***


Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah