Bagaimana Cara Mengatasi Kulit Kering dan Kusam

- 28 Agustus 2023, 08:19 WIB
Ilustrasi kulit.
Ilustrasi kulit. /Pixabay/Iqbal Nuril Anwar

HARIAN BOGOR RAYA - Kulit kering dan kusam tentunya membuat seseorang jadi tidak percaya diri. Salah satu yang membuat kulit menjadi kering dan kusam itu diakibatkan dari kontak langsung dengan sinar matahari.

Selain akibat dari paparan sinar matahari, Kulit kering juga dapat terjadi ketika kulit tidak sanggup lagi untuk mempertahankan kelembapan yang cukup.

Untuk menjaga agar kulit tetap sehat dan cantik, perlu adanya perawatan diri yang teratur, salah satunya dengan menggunakan pelembab.

Baca Juga: 8 Cara Mengatasi Masalah Ketombe: Tips Untuk Kulit Kepala Sehat

Pelembab yang dapat mengatasi kulit kering yaitu pelembap yang memiliki kandungan utama yang membantu menarik kelembapan, seperti ceramide, gliserin, sorbitol, asam hialuronat, dan lesitin. Petroleum jelly, lanolin, dan minyak mineral membantu ‘menyegel’ kelembapan di dalam kulit.

Sedangkan untuk menghaluskan kulit diperlukan kandungan emolien, seperti asam linoleat, linolenat, dan laurat, yang mana kandungan itu untuk mengisi ruang di antara sel-sel kulit.

Berikut beberapa cara untuk menghidrasi lapisan atas sel kulit kering yang efektif jika dilakukan secara konsisten:

Baca Juga: 8 Ciri-Ciri Kulit Wajah yang Terpapar Polusi Udara dan Langkah Perlindungannya

Batasi waktu Anda untuk mandi selama 5 hingga 10 menit setiap hari. Jika waktu mandi lebih dari itu, Anda mungkin menghilangkan sebagian besar lapisan berminyak pada kulit dan menyebabkannya kehilangan kelembapan.

Halaman:

Editor: Herawati Nurlia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah