8 Ciri-Ciri Kulit Wajah yang Terpapar Polusi Udara dan Langkah Perlindungannya

- 21 Agustus 2023, 18:33 WIB
Ilustrasi/Pexels
Ilustrasi/Pexels /

HARIAN BOGOR RAYA-Di tengah pertumbuhan perkotaan dan aktivitas industri yang semakin intens, paparan polusi udara telah menjadi kenyataan bagi banyak orang. Sayangnya, dampak buruknya tidak hanya terasa di pernapasan, tetapi juga pada kulit wajah. Artikel ini akan membantu Anda mengenali ciri-ciri kulit wajah yang telah terpapar polusi udara, sehingga Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk merawat kulit dengan lebih baik.

Ciri-ciri kulit Wajah yang Terpapar  Polusi Udara :

1. Kemerahan dan Peradangan Berlebih
Kulit yang terpapar polusi udara cenderung lebih rentan mengalami peradangan. Kemerahan yang tidak biasa, ruam, atau gatal bisa menjadi tanda adanya reaksi peradangan.

2. Jerawat yang Bertambah Parah
Polusi udara dapat menyebabkan pori-pori tersumbat akibat partikel mikro yang menempel pada kulit. Ini bisa memperburuk kondisi jerawat yang sudah ada atau memicu jerawat baru.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Alpukat untuk Mempercantik Kulit Wajah Anda

3. Kulit Kusam dan Kering
Partikel polusi dan zat-zat kimia dalam udara dapat merusak lapisan pelindung kulit, mengakibatkan kehilangan kelembapan dan kulit tampak kusam.

4. Penuaan Dini
Polusi udara dapat menyebabkan stres oksidatif pada kulit, yang dapat mempercepat penuaan kulit dengan munculnya garis halus, kerutan, dan hilangnya elastisitas.

5. Pori-Pori yang Melebar
Kotoran dan partikel polusi yang menumpuk di pori-pori kulit dapat membuat pori-pori terlihat lebih besar.

6. Hiperpigmentasi
Paparan sinar ultraviolet (UV) dan polusi udara dapat meningkatkan risiko hiperpigmentasi atau bintik-bintik gelap pada kulit.

Halaman:

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x