Ini 9 Hal yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Gempa Bumi

- 29 Agustus 2023, 15:41 WIB
Ilustrasi gempa.
Ilustrasi gempa. /Dok. BMKG

HARIAN BOGOR RAYA- Gempa bumi bisa terjadi secara tiba-tiba dan membawa potensi bahaya. Untuk itu kita harus mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan saat terjadi gempa bumi untuk melindungi diri sendiri dan orang di sekitar Anda. 

Selain itu, bencana alam yang kerap terjadi di negara kita adalah gempa bumi. Oleh karena itu, kita wajib mengetahui hal-hal apa saja yang harus dilakukan ketika terjadi gempa bumi agar meminimalisasi risiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan saat terjadi gempa bumi yang dilansir dari Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika, simak!

Baca Juga: Gempa kekuatan Magnitudo 7,4 Guncang Tanahbumbu Kalimantan Selatan

1. Hindari Kepanikan dan Mencoba Tenang

-Jika terjadi gempa bumi, penting untuk menjaga diri agar tetap tenang. Sikap tenang akan membuat kita bisa berpikir jernih mengenai tindakan apa yang harus dilakukan.

-Jika teman-teman berada di pusat keramaian seperti kantor, pusat perbelanjaan, hotel, dan telmpat lainnya, jangan menyebabkan kepanikan dan ikuti arahan petugas setempat.

-Biasanya, di pusat keramaian sudah ada petunjuk jalur evakuasi, teman-teman harus tetap mengikuti petunjuk dengan tertib.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Aceh Pada Kamis Malam

Halaman:

Editor: Herawati Nurlia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah