15 Peran Penting Ayah dalam Keluarga Menurut Psikologi, Salah satunya Menjadi Teman Curhat

- 29 Agustus 2023, 19:33 WIB
Ilustrasi ayah dan anak.
Ilustrasi ayah dan anak. /Freepik/

HARIAN BOGOR RAYA - Peran ayah dalam keluarga tidak hanya terbatas pada sebagai pencari nafkah, tetapi juga mencakup sejumlah peran penting dalam mendukung perkembangan anak-anak, hubungan dengan pasangan, dan lingkungan keluarga secara keseluruhan. Berikut adalah peran ayah dalam keluarga menurut psikologi yang dilansir dari dosenpsikologi.com, simak ya!

1. Pemimpin Keluarga

Peran penting ayah yang pertama adalah menjadi pemimpin bagi keluarga. Bahkan dapat dikatakan bahwa ayah merupakan nahkoda bagi keluarga tersebut, sehingga beliau lah yang akan menentukan arahberlayar dari keluarganya. Mekipun perannya sangat besar, namun  terkadang tak terlalu dirasakan bagi beberapa anggota keluarga.

2. Pelindung Keluarga 

Peran ayah yang penting lainnya selain memimpin adalah sebagai pelindung dari keluarganya. Ayah harus mampu melindungi keluarganya dari bahaya-bahaya yang ada di dunia luar, tak hanya dalam bentuk fiisk namun juga non fisik. Seorang ayah juga lah harus dapat memberikan kenyamanan dan keamanan emosional serta finansial dalam bentuk nafkah dan moral kepada seluruh anggota keluarga yang ada.

Baca Juga: Baby Blues pada Ayah, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

3. Penyedia Segala Kebutuhan

Peran Ayah Dalam Keluarga yang satu ini tentunya sudah menjadi hal yang wajib bagi seorang ayah. Memenuhi segala kebutuhan keluarga tentunya menjadi janji yang dibuat pria ketika akan menikah. Tak hanya memenuhi kebutuhan spritual saja, namun juga emosional serta materi.

4. Pemberi Kasih Sayang

Halaman:

Editor: Herawati Nurlia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah