Hari Ini Dalam Sejerah, 4 Mei Merupakan Hari Damkar Internasional dan Hari Anti Bullying

- 4 Mei 2023, 07:31 WIB
Petugas Damkar/Fixabay
Petugas Damkar/Fixabay /

HARIAN BOGOR RAYA - Tak banyak yang tahu tanggal 4 Mei tentang hari apa dalam sejarah, menurut perhitungan kalender 4 Mei 2023 adalah hari Kamis  dan menurut catatan penanggalan Jawa masuk hari pasaran Kamis Kliwon.

Namun yang perlu anda ketahui tanggal 4 Mei merupakan Hari Pemedam Kebakaran Sedunia dan selain itu pada hari yang sama diperingati juga Hari Anti Bullying.

Hari Pemadam Kebakaran Internasional atau pasukan Damkar dilatar belakangi saat terjadinya banyak kejadian bencana, kebakaran, banjir, gempa bumi, evakuasi sarang tawon, ular masuk rumah dan lain sebagainya dimana petugas Damkar dapat melakukan multifungsi melayani masyarakat.

Baca Juga: Hari Ini Dalam Sejarah, Kekuatan Musik Jazz Sebagai Pesan Perdamaian

Petugas Damkar ini sudah dilatih bagaimana cara menangani hal- hal darurat yang sangat genting dengan kecepatan yang harus ia kerjakan.

Belum banyak catatan sejarah tentang Hari Pemadam Kebakaran Internasional, namun tugas mereka sangat penting saat terjadinya darurat, di Indonesia Damkar memiliki moto " Pantang Pulang Sebelum Padam ".

Dihari yang sama tanggal 4 Mei juga diperingati sebagai Hari Anti Bullying, dicetuskan oleh dua orang warga Kanada, David Shepherd dan Travis Price.

Baca Juga: 30 Tahun World Press Freedom Day, Hari ini dalam Sejarah

Kesepakatan ini terjadi saat keduanya membagikan 50 T-shirt merah muda sebagai bentuk anti bullying yang terjadi pada seorang anak laki-laki bernama  Jadrian Cota.

Saat itu Jaddrian mendapatkan perundangan kejam dari teman-temannya saat pertama memasuk hari pertama sekolah karena mengenakan baju berwarna merah muda.

Baca Juga: 30 Tahun World Press Freedom Day, Hari ini dalam Sejarah

Saat mendapatkan perlakuan tersebut membuat Jadrian merasakan tekanan dan rasa malu yang dapat mempengaruhi perkembangan mentalnya.

Hingga akhirnya David Shepherd dan Travis Price melalui aksi penentangan bullying, bullying sendiri juga terus terjadi di Indonesia hingga membuat korban trauma, hal ini memang haruslah dihentikan.***

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah