Berhentilah Merokok, Ini Lima Manfaat Saat Anda Berhenti Merokok

- 5 Juli 2023, 15:30 WIB
Ilustrasi/Pixabay
Ilustrasi/Pixabay /


HARIAN BOGOR RAYA - Seperti diketahui merokok  menyebabkan gangguan kesehatan  baik dalam jangka waktu panjang  maupun saat kita menghisapnya  akan berdampak pada gangguan pernapasan.

Berhentilah merokok sebelum berdampak buruk pada kesehatan anda, sebagian orang memang berhenti merokok sangat sulit.

Sebenarnya merokok adalah kebiasaan, anda bisa merubah kebiasaan anda dengan hal positif lainnya, misalnya membaca buku, ngemil atau aktivitas lainnya yang dapat anda lupa kebiasaan merokok.

Baca Juga: 7 Bahaya Merokok Yang Perlu Anda Tahu, Salah satunya Menyebabkan Stroke dan Serangan Jantung

Perjuangan berhenti merokok memang diperlukan perjuangan yang keras untuk dapat melakukan hal ini anda harus sadar dan tanamkan dalam hati.

Banyak lho manfaat berhenti merokok dan hal ini dapat anda rasakan mulai dari jangka pendek maupun jangka panjang.

Apa saja manfaat berhenti merokok, berikut  adalah manfaat yang kita rasakan saat berhenti merokok dikutip dari beberapa sumber diantaranya :

Baca Juga: Stop Berkendara Sambil Merokok, Ini Bahayanya Yang Wajib Kamu Tahu

1.Turunkan Resiko Penyakit Paru-paru
Kerusakan paru-paru sangat sulit disembuhkan, Merokok sangat berpengaruh pada kesehatan paru-paru. Ini membuat berhenti merokok sangat penting sebelum paru-paru mengalami kerusakan permanen.
Berhenti merokok dapat membuat pernapasan lebih mudah dan terhindar dari penyakit paru-paru. Pada 1 hingga 9 bulan setelah berhenti merokok, batuk, sesak napas, dan hidung tersumbat akan berkurang.

2 Turunkan Resiko Penyakit Jantung
Merokok adalah penyebab utama serangan jantung dan penyakit jantung. Merokok bisa meningkatkan tekanan darah dan detak jantung.
Berhenti segera dapat menurunkan tekanan darah dan membuat jantung berdetak normal. Berhenti merokok juga akan menurunkan kadar kolesterol dan lemak yang bersirkulasi dalam darah. Ini membantu memperlambat penumpukan timbunan lemak baru di arteri.

3.Turunkan Resiko Kanker
Berhenti merokok akan mencegah kerusakan DNA baru terjadi dan bahkan dapat membantu memperbaiki kerusakan yang telah dilakukan.
Berhenti merokok segera adalah cara terbaik untuk menurunkan risiko terkena kanker khususnya kanker paru-paru dan kanker tenggorokan. Manfaat berhenti merokok ini didapat setelah 5 hingga 10 tahun berhenti.

Baca Juga: Viral, Pria Ngaku Polisi Kendarai Motor Sambil Merokok Marah Saat Ditegur

4.Tingkatkan Kekebalan Tubuh
Berhenti merokok meningkatkan sirkulasi, meningkatkan kadar oksigen, dan menurunkan peradangan. Efek ini semuanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Ketika berhenti merokok, sistem kekebalan tubuh tidak lagi terkena tar dan nikotin. Ini membuat tubuh menjadi lebih kuat, dan akan cenderung tidak mudah sakit.
Berhenti merokok juga akan meningkatkan aliran darah ke luka, memungkinkan nutrisi penting, mineral, dan oksigen mencapai luka dan membantunya sembuh dengan baik.

5.Lebih Banyak Energi
Manfaat berhenti merokok jangka pendek dan jangka panjang adalah dapat membuat tubuh lebih berenergi. Seiring dengan membaiknya pernapasan dan aktivitas fisik, peningkatan oksigen dalam tubuh juga akan memberi lebih banyak energi.

Demikian manfaat yang kita rasakan apabila kita berhenti merokok meskipun memerlukan perjuangan manfaatnya sangat banyak bagi kesehatan.***


Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x