Apa Itu Sleep Apnea? Berikut Pengertian, Jenis, Gejala, dan Pengobatannnya Lengkap!

- 21 Agustus 2023, 17:15 WIB
Ilustrasi - Pilek dan Flu Berbeda? Simak Penjelasan Gejala, Cara Penyebaran, dan Faktor Penyebabnya di Sini
Ilustrasi - Pilek dan Flu Berbeda? Simak Penjelasan Gejala, Cara Penyebaran, dan Faktor Penyebabnya di Sini /Freepik/Freepik

HARIAN BOGOR RAYA-Sleep apnea adalah gangguan pernapasan yang sering terjadi saat tidur. Meskipun terdengar sepele, kondisi ini dapat memiliki dampak serius terhadap kualitas tidur dan kesehatan secara keseluruhan. Artikel ini akan membahas pengertian sleep apnea, jenis-jenisnya, gejala yang muncul, serta pilihan pengobatan yang tersedia.

Pengertian Sleep Apnea

Melansir dari nhlbi.nih.gov dijelaskan jika Sleep Apnea merupakan kondisi yang terjadi pada pernapasan seseorang ketika tertidur. Sebuah gangguan tidur yang bisa membuat seseorang henti napas secara berulang pada saat mereka tidur.

Ini terjadi karena saluran napas terhalang atau relaksasi otot yang berlebihan, menghambat aliran udara menuju paru-paru. Hal ini dapat menyebabkan otak terbangun dari tidur dangkal untuk memulihkan aliran udara normal.

TidurBaca Juga: Penyebab Diabetes: Sering Makan Malam dan Langsung Tidur

Jenis-Jenis Sleep Apnea

1. Sleep Apnea Obstruktif (OSA)
Ini adalah jenis yang paling umum dari sleep apnea. Terjadi ketika otot tenggorokan bersantai berlebihan, menyebabkan penyempitan atau penyumbatan saluran napas. Ini mengakibatkan pernapasan terhenti dan mengganggu tidur secara berulang-ulang.

2. Sleep Apnea Sentral (CSA)
Jenis ini disebabkan oleh kegagalan otak dalam mengirimkan sinyal yang tepat ke otot-otot pernapasan. Akibatnya, pernapasan dapat berhenti sesaat. CSA lebih jarang terjadi daripada OSA.

3. Sleep Apnea Kompleks (CompSA)
Ini adalah kombinasi dari OSA dan CSA. Terjadi ketika seseorang memiliki ciri-ciri dari keduanya.

Halaman:

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah