Jangan Salah Beli! Ini Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik

- 30 Agustus 2023, 20:17 WIB
Ilustrasi motor listrik Yamaha Neo yang akan diluncurkan di Vietnam pada 30 Desember 2022, simak aturan subsidi motor listrik Rp7 juta dari pemerintah.
Ilustrasi motor listrik Yamaha Neo yang akan diluncurkan di Vietnam pada 30 Desember 2022, simak aturan subsidi motor listrik Rp7 juta dari pemerintah. /Motosaigon/

HARIAN BOGOR RAYA - Motor listrik semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif ramah lingkungan dalam dunia otomotif. Meskipun memiliki banyak kelebihan, motor listrik juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah paparan tentang kelebihan dan kekurangan dari motor listrik:

Kelebihan Motor Listrik

1. Ramah Lingkungan

Salah satu keunggulan paling mencolok adalah motor listrik tidak menghasilkan emisi gas buang dan polusi udara. Ini membantu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan kualitas udara di perkotaan.

2. Efisiensi Energi

Motor listrik memiliki efisiensi konversi energi yang lebih tinggi daripada mesin bensin atau diesel. Ini berarti lebih sedikit energi yang terbuang dalam bentuk panas, sehingga dapat memberikan jarak tempuh yang lebih jauh dengan biaya energi yang lebih rendah.

Baca Juga: Pengguna Motor Listrik dan Edukasi Penting Soal Kapasitas Baterai Kendaraan

3. Biaya Operasional Rendah

Biaya operasional motor listrik cenderung lebih rendah daripada kendaraan bermesin pembakaran internal. Biaya pengisian baterai lebih murah daripada membeli bahan bakar minyak. Bila biaya listrik di Jabodetabek dibanderol Rp2.000an per kwh, maka untuk menempuh jarak 40 km hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp3.000.

Halaman:

Editor: Herawati Nurlia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah