Apa Itu Skripsi? Ini Penjelasan dan Langkah Penyusunanya, Simak!

- 30 Agustus 2023, 19:15 WIB
Ilustrasi kampus
Ilustrasi kampus /PIXABAY/nikolayhg/

HARIAN BOGOR RAYA - Kamu seorang mahasiswa yang belum tau apa itu skripsi? Atau kamu mahasiswa semeter akhir yang kebinggungan membuat skripsi itu bagaimana? Tenang saja, pasti kamu bisa kok mengerjakannya. Namun, sebelum kamu memulai skripsi, pahami dulu yu definisi nya. Jadi, skripsi adalah karya tulis ilmiah yang menjadi bagian integral dari proses pendidikan tinggi di banyak institusi akademis. 

Apa itu Skripsi?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, skripsi adalah karya ilmiah yang wajib ditulis oleh mahasiswa semester 7 atau 8 sebagai bagian dari persyaratan akhir pendidikan akademisnya.  Dengan kata lain, skripsi merupakan syarat kelulusan untuk mahasiswa jenjang S1.

Melalui skripsi, mahasiswa dituntut untuk mendemonstrasikan kemampuan mereka dalam melakukan penelitian independen, menganalisis masalah tertentu, dan menyajikan hasilnya secara sistematis.

Baca Juga: 5 Persiapan Sebelum Memulai Hari Pertama Kuliah

Skripsi juga bertujuan melatih kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah secara sistematis dengan menggunakan teori yang sudah dipelajari di bangku perkuliahan. Hasil penelitian ini tentunya bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan.

Nah, sudah jelaskan. Lalu bagaimana tahap selanjutnya? Sebelum masuk ke langkah-langkah apa saja yang dilalui dalam skripsi, ada baiknya kita mengetahui tips atau cara memulai skripsi. Cara-cara ini bukan merupakan cara yang wajib diikuti oleh kalian, namun cara ini memberikan gambaran atau masukan dalam penyusunan skripsi.

Berikut langkah awal penyusunan skripsi yang dilansir dari umn.ac.id, simak!

1. Pilihlah Topik Penelitian yang Sesuai

Halaman:

Editor: Herawati Nurlia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x