Museum Nasional Merupakan Museum Terbesar di Asia tenggara

- 18 September 2023, 13:20 WIB
Museum Nasional Indonesia kedatangan benda-benda pusaka berupa keris Bugis dan 1.499 artefak lainnya dari Belanda, Kamis, 27 Agustus 2020.
Museum Nasional Indonesia kedatangan benda-benda pusaka berupa keris Bugis dan 1.499 artefak lainnya dari Belanda, Kamis, 27 Agustus 2020. /

HARIAN BOGOR RAYA - Museum Nasional atau yang sering disebut dengan Museum Gajah merupakan museum terbesar di Asia tenggara.

Museum ini merupakan tempat penyimpanan barang-barang bersejarah yaitu  museum arkeologi, sejarah, etnografi, dan geografi yang terletak di Jalan Medan Merdeka Barat 12 Jakarta Pusat.

Museum gajah merupakan museum pertama dan terbesar di Asia tenggara. Yang didirikan oleh Jacob Cornelis Matthieu Radermacher pada tahun 1778.

Hingga saat ini museum Nasional atau museum gajah menyimpan lebih dari benda-benda sejarah yang terdiri dari 7 jenis koleksi.

Baca Juga: Gedung A Museum Nasional Terbakar

Di mana ketujuh jenis koleksi tersebut yaitu koleksi prasejarah, arkeologi masa klasik atau Hindu-Budha, numismatik dan Heraldik; Keramik; Etnografi, Geografi dan Sejarah.

Museum yang berlantai 4 ini menyimpan banyak patung, arca, prasasti, candi dan lain-lain.

Lokasi museum Nasional atau museum gajah ini berada tepat di seberang monumen Nasional. Museum Nasional berada di antara bangunan-bangunan yang ada di wilayah sekitar.

Baca Juga: Diduga Akibat Korsleting Listrik Gedung A Museum Nasional Jakarta Terbakar

Halaman:

Editor: Herawati Nurlia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x