Apa Itu Mental Health? Ini Pengertian dan Tips Tingkatkan Mental

- 10 Oktober 2023, 22:12 WIB
Ilustrasi mental health yang perlu dilakukan oleh setiap orang untuk menguatkan mental.
Ilustrasi mental health yang perlu dilakukan oleh setiap orang untuk menguatkan mental. /Pixabay/WOKANDAPIX

HARIAN BOGOR RAYA - Siapa yang suka mendengar tentang mental health? Apa sih mental health itu? Menurut Word Health Organization, mental health adalah keadaan sejahtera di mana setiap individu bisa mengeluarkan potensi di dalam diri masing masing. Jadi, kesehatan mental merujuk pada kondisi seseorang yang sedang berada di dalam suatu peristiwa yang mempengaruhi kondisi dirinya baik itu positif maupun negatif. Gangguan kesehatan mental meliputi depresi, kecemasan berlebih, bipolar disorder, dan lain lain. Kesehatan mental adalah cara kita berpikir, merasakan, dan bertindak.

Lalu menurut kemkes.go.id Kesehatan mental yang baik adalah kondisi ketika batin kita berada dalam keadaan tentram dan tenang, sehingga memungkinkan kita untuk menikmati kehidupan sehari-hari dan menghargai orang lain di sekitar.

Seseorang yang bermental sehat dapat menggunakan kemampuan atau potensi dirinya secara maksimal dalam menghadapi tantangan hidup, serta menjalin hubungan positif dengan orang lain. Sebaliknya, orang yang kesehatan mentalnya terganggu akan mengalami gangguan suasana hati, kemampuan berpikir, serta kendali emosi yang pada akhirnya bisa mengarah pada perilaku buruk.

Baca Juga: Studi Sorot Hubungan Polusi Udara dan Kesehatan Mental

Cara Mningkatkan Kesadaran Mental

Berikut adalah tips untuk meningkatkan kesadaran mental, simak!

1. Berani speak up untuk diri sendiri

Lebih berani untuk bisa menceritakan pengalaman atau gangguan mental anda kepada orang yang sudah dipercaya, ataupun kepada yang lebih professional dalam masalah mental.

2. Pelajari tentang kesehatan mental

Ketika ada waktu senggang, pelajari tentang pentingnya kesehatan mental dan kebugaran mental. Pahami juga tipe tipe gangguan mental tentang gejala, penyebab, dan cara menanggulanginya.

Selain itu, ada juga beberapa cara untuk berdamai dengan diri sendiri menurut dr. Lizsa Oktavyanti sebagai berikut :

Baca Juga: Waspada, Ini 10 Penyakit Berbahaya yang Disebabkan Polusi Udara, Salah Satunya Bisa Kena Gangguan Mental

Halaman:

Editor: Herawati Nurlia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah