Atasi Flu Dengan Hal Yang Alami Salah Satunya Dengan Mandi Air Hangat

- 12 November 2023, 07:05 WIB
Ilustrasi/Pexels
Ilustrasi/Pexels /


HARIAN BOGOR RAYA - Pancaroba atau perubahan cuaca kerap menimbulkan beberapa penyakit salah satunya adalah penyakit yang umum dijumpai masyarakat.

Menjaga imun dan mengkonsumsi vitamin dan buah-buahan sangatlah dianjurkan untuk membantu meningkatkan kesehatan tubuh Anda.

Namun adakalanya saat tubuh tidak seimbang akan berdampak pada kesehatan Anda, biasanya penyakit ringan seperti flu pada umumnya.

Sejumlah pakar kesehatan penyakit ringan tersebut dapat diatas dengan cara yang alami seperti dirangkum laman PMJ berikut sederetan mengatasi flu saat menyarang Anda :

Baca Juga: Tahukah Anda Gejala Flu Dapat Diatasi Dengan Pengobatan Alternatif dan Meminum Herbal Yang Alami

1. Mandi Air Hangat
Mandi air hangat dapat menghilangkan rasa sakit dan nyeri, efek samping kurang menyenangkan dari flu. Menjaga agar tubuh tetap hangat juga dapat membantu mengurangi gejala flu lainnya. Uap mandi air hangat dapat melegakan hidung tersumbat dan mengencerkan lendir.
"Jika kedinginan dan perlu menaikkan suhu tubuh, mandi air hangat adalah salah satu cara untuk melakukannya," ujar Simon Clarke, pakar penyakit menular di University of Reading, Inggris.

2. Jalan Santai
Saran ini memang terdengar aneh, sebab saat flu seseorang hanya ingin berbaring dan enggan bergerak. Apalagi, pergi ke luar rumah dan berisiko menghadapi udara dingin. Namun, ini baik untuk mengantasi kekebalan tubuh.

Clarke menjelaskan, berjalan santai dan menghirup udara segar baik untuk lekas membuat tubuh pulih dari flu. Tentunya, ingatlah untuk berpakaian dengan busana hangat dan hindari kontak dengan orang lain.

Baca Juga: Mirip Flu, Ketahui Detail Gejala Penyakit Leptospirosis Hingga Bisa Ancam Nyawa


3. Makan Hidangan Hangat Berkuah dan Pedas
Menyantap hidangan berkuah yang hangat dan agak pedas, seperti kari, bisa membantu melegakan saluran pernapasan. Pakar menyarankan membuat hidangan itu dengan racikan rempah-rempah.
Pengujian yang dilakukan oleh peneliti di Universitas Cardiff menemukan bahwa hidangan pedas membantu mengeluarkan air liur. Efek lainnya yakni mengurangi gejala batuk dan sakit tenggorokan.
Dianjurkan menggunakan bahan-bahan seperti bawang putih dan jahe. Selain memberi cita rasa khas, itu membuat hidangan kaya akan seng, yang dapat membantu melawan rhinovirus yang menyebabkan flu.

Baca Juga: Deretan Solusi Pilek dan Flu, Kerap Terjadi Saat Musim Hujan

4. Banyak Minum Air hangat
Profesor Ron Eccles dari Common Cold Centre pernah mempelajari efek konsumsi minuman panas yang melegakan hidung tersumbat. Studi pada 2008 itu telah diterbitkan dalam jurnal Rhinology.
Eccles dan timnya menemukan bahwa minuman panas dapat meredakan pilek, batuk, bersin, sakit tenggorokan, kedinginan, dan kelelahan secara instan. Mereka menjalankan uji klinis yang menguji teori minuman panas berbahan buah blackcurrant.
Namun, minuman lainnya disebut Eccles punya efek sama, termasuk teh hangat. "Minuman hangat apa pun yang lezat akan meringankan sebagian besar gejala flu biasa, terutama sakit tenggorokan dan batuk," ujar Eccles.***



Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah