Pengamat Cermati Sungai Antara Jakarta dan Bogor, Ari Sumarto Taslim: Ingin Ciliwung Lestari

- 21 Februari 2023, 16:12 WIB
Sungai Ciliwung/Pengamat Cermati Sungai Antara Jakarta dan Bogor, Ari Sumarto Taslim: Ingin Ciliwung Lestari
Sungai Ciliwung/Pengamat Cermati Sungai Antara Jakarta dan Bogor, Ari Sumarto Taslim: Ingin Ciliwung Lestari / Instagram/@tjiliwoeng/

HARIAN BOGOR RAYA - Sejak dahulu Sungai Ciliwung merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat, itulah ungkapan Ari Sumarto Taslim seorang pengamat mengenai ekosistem dan lingkungan hidup.

Dikatakannya tentang sungai Ciliwung dahulu. "Jika kita melihat foto-foto zaman dahulu banyak yang kagum akan sungai Ciliwung yang menjadi alat transportasi warga dari Bogor ke Jakarta dengan aliran sungainya", kata Ari Sumarto Taslim, pada Selasa, 21 Februari 2023.

Ia menginginkan lestari Ciliwung yang saat ini menurutnya krodit dan dipenuhi pemukiman, pabrik, rumah sakit dan lainnya, kata Ari Sumarto Taslim.

Baca Juga: Sungai Bengawan Solo Meluap, Sejumlah Kelurahan Terendam Banjir

"Tingkat pencemaran sungai Ciliwung saat ini parah, harusnya kita berkaca bagaimana negara-negara dunia memperlakukan sungainya dengan perawatan maksimal serta aturan yang ketat hingga terjaga sungainya," ucap pemerhati lingkungan ini.

Ari Sumarto Taslim juga berharap kepada PJ Gubernur DKI untuk bisa merubah wajah sungai Ciliwung.

"Kita lihat Ridwan Kamil sudah mencoba di sungai saluran Kalimalang yang merubah wajah sungai itu seperti di Korea ini patut ditiru," harga Ari Sumarto Taslim.

Baca Juga: Diguyur Hujan Hingga Pagi, Sungai Dengkeng Meluap, Dua Sekolah di Klaten Digenangi Air

Halaman:

Editor: Didin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x