Ketahui Apa Penyebab Sakit Leher dan Segera Minta Bantuan Medis Jika Menderita Menahun

- 29 April 2024, 19:04 WIB
Ilustrasi sakit leher/Pexel
Ilustrasi sakit leher/Pexel /


HARIAN BOGOR RAYA -Deteksi sakit leher sejak dini dan apa penyebab sakit leher apakah sakit tersebut rutin setiap pagi atau karena sudah lama sakit leher sebaiknya kenali gejalanya

Sebuah komunitas medis Kelompok Staf Medis ( KSM) Orthopaedi dan Traumtologi dari Klinik Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Rahyussalim memaparkan pegal pada leher perlu dideteksi apa penyebabnya dan dan memahami cara penanganannya.

“Sejak kapan pegal ini muncul? Misalnya sudah lama atau pas bangun tidur, kalau kita yakin penyebabnya apa, penanganannya bisa disesuaikan. Kan penyebab gangguan leher itu ada tujuh, yaitu tulang, syaraf, bantalan tulang, sendi, pembuluh darah, otot, dan kulit,” kata Dokter Salim dikutip dari Antara, Senin 29 April 2024.

Baca Juga: Tips Redakan Sakit Punggung Akibat Stres Saat Bekerja

Contoh sehari-hari seperti kecelakaan atapun jatuh yang mengakibatkan cedera pada tulang selain itu aktivitas lainnya seperti pijatan leher saat memotong rambut  yang memungkinkan salah urat.

Beberapa faktor lainnya adalah over pada tulang ketika tulang keluar dari tempatnya dapat mengakibatkan cidera serius.

Untuk itu menurutnya penting mengetahui penyebabnya untuk selanjutnya mencari bantuan dokter, setidaknya sebelum lebih lanjut memeriksakan perlu melakukan aktivitas fisik dengan menggerakkan kepala ke depan dan ke belakang, lanjutnya berlari keci ataupun berjalan.

Baca Juga: Langkah Agar Anda Tidak Obesitas dan Gaya Hidup Sehat

"Melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat membantu mengurangi keluhan pegal pada leher. Gerakan-gerakan sederhana seperti menggerakkan kepala dan berjalan dapat memberikan efek positif dalam meredakan ketegangan otot di daerah leher," tambahnya.

Dengan memahami penyebabnya diharapkan penderita sakit leher dapat mengatasi keluha  tersebut.***


Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah