Jangan Paksakan Diri Saat Anda Kurang Tidur, Pakar Kesehatan Sebut Risiko Membahayakan

- 15 April 2024, 18:51 WIB
Illustrasi/Pixabay
Illustrasi/Pixabay /


HARIAN BOGOR RAYA - Kurang tidur berakibat fatal bagi kesehatan jika Anda memaksakan untuk beraktivitas, sebaiknya tidak memaksakan diri dan istirahat serta mengkonsumsi multivitamin.

Pakar kesehatan masyarakat dr. Ngabila  sebut dampak kurang tidur akan sulit berkonsentrasi dan berdampak buruk terhadap daya ingat atau pikun.

Selain itu dampak kurang tidur  akan mudah marah dan kehilangan motivasi, dalam jangka panjang kurang tidur dapat memicu penyakit kronis diantaranya diabetes, gangguan jantung, tekanan darah tinggi, obesitas, depresi serta menurunnya daya tahan tubuh.

Baca Juga: Pentingnya Jaga Tubuh Terhidrasi Hingga Tidur Cukup Pada Momen Perjalanan Ala PB IDI

Lebih rinci Ngabila menambahkan
dampaknya akan mengalami gangguan stres dan suasana hati yang buruk, sehingga mengganggu interaksi yang terjalin dengan orang-orang sekitar anda dan menurunkan produktivitas.

Dengan menjaga kesehatan tubuh diri sendiri, tiap individu pun tidak hanya bisa bekerja lebih produktif namun juga lebih maksimal menjaga kesehatan.

"Prinsipnya lebih cepat penyakit atau keluhan dideteksi, lebih cepat berobat, akan cepat sembuh dan tidak menyebabkan kematian, produktivitas kerja terus terjaga,” ujarnya dikutip dari Antara.

Baca Juga: Deretan Dampak Positif dan Luar Biasa dari Tidur Bagi Kesehatan Anda

Tambahnya ia mengimbau untuk semua pihak  tidak abai pada gejala apapun yang dirasakan, pastikan tiap ketidakhadiran dalam kegiatan telah disetujui oleh pihak berwenang seperti dokter dan didukung dengan bukti yang valid.***

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x