Tips Membeli Hewan Kurban untuk Idul Adha, Perhatikan Kreterianya

- 19 Juni 2023, 15:06 WIB
Ilustrasi hewan kurban/Tips Membeli Hewan Kurban untuk Idul Adha, Perhatikan Kreterianya
Ilustrasi hewan kurban/Tips Membeli Hewan Kurban untuk Idul Adha, Perhatikan Kreterianya /Pexels/Pixabay

HARIAN BOGOR RAYA - Menunaikan ibadah kurban yakni dengan memberikan hewan kurban terbaik, membeli hewan kurban yang layak di hari Idul Adha seperti Sapi, Kambing, Kerbau atau Domba haruslah dalam keadaan yang sehat dan baik.

Idul Adha menjadi momentum untuk berbagi dan bersedekah dengan cara berkurban, perhatikan juga saat membeli hewan kurban dengan kreteria-kreteria dalam artikel ini.

Bagi muslim yang akan berencana berkurban, tak ada salahnya melakukan persiapan dalam memilih hewan kurban, membeli hewan kurban dengan baik. Hal ini dimaksudkan agar hewan yang hendak kita kurbankan sehat dan sesuai dengan syariat yang telah ditetapkan. Selain itu, dalam berkurban dianjurkan agar memilih hewan terbaik.

Baca Juga: Hal Penting Soal Tempat Pemotongan Hewan Kurban dan Limbah Hewan Kurban

Berikut tips atau kriteria yang perlu diperhatikan dalam memilih hewan kurban yang sehat dan dalam keadaan baik di bawah artikel ini:

1. Perhatikan Kondisi Fisik: Pastikan hewan yang Anda pilih memiliki kondisi fisik yang baik. Perhatikan tanda-tanda kebugaran, seperti bulu yang mengkilap, mata yang cerah, hidung dan mulut yang bersih, serta berjalan dengan mantap tanpa kesulitan.

Penampilan fisik yang baik dan sehat umumnya memiliki penampilan fisik yang baik. Bulunya bersih, mengkilap, dan bebas dari kotoran atau parasit. Kulitnya elastis dan tidak terlalu kering atau terlalu basah.

2. Evaluasi Kesehatan: Mintalah informasi tentang riwayat kesehatan hewan yang akan Anda beli, termasuk vaksinasi yang sudah diberikan, riwayat penyakit, dan perawatan yang telah dilakukan. Periksa juga apakah sapi tersebut telah menjalani pemeriksaan kesehatan oleh dokter hewan.

Lihat kondisi mata dan hidung hewan yang normal: Periksa mata dan hidung hewan. Mata yang sehat harus cerah dan jernih, tanpa adanya tanda-tanda kemerahan, kotoran berlebih, atau keluarnya cairan. Hidungnya harus bersih tanpa lendir yang berlebihan atau tanda-tanda infeksi.

Baca Juga: Cegah Asam Urat Karena Daging Kurban, Berikut Beberapa Tips Jitu!

Halaman:

Editor: Didin Harian Bogor Raya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah