Yuk Menulis Resensi !

- 7 Juli 2023, 00:28 WIB
Ilustrasi/Pixabay
Ilustrasi/Pixabay /



HARIAN BOGOR RAYA - Saat anda membaca koran ataupun majalah anda pernah menemukan di sudut halaman atau di tengah halaman tentang resensi.

Apa itu resensi ?
Resensi adalah tulisan yang mengupas suatu karya  baik buku, film ataupun musik.

Biasanya resensi dilengkapi dengan judul, isi cerita jika berbentuk film  dan data-data lainnya, contohnya resensi buku anda harus melengkapi dengan judul buku, tebal, penulis dan nama penerbit lalu kupas apa yang telah anda baca.

Baca Juga: 5 Manfaat Baca Buku yang Jarang Orang Tahu

Menurut Eka Budianta dalam bukunya " Menggebrak Dunia Mengarang" terbitannya saya lupa tapi saya masih ingat resensi adalah tulisan yang mudah anak kecilpun akan dapat bercerita tentang apa yang telah dilihatnya.

Misalnya anda ingin menulis resensi film, duduklah dengan manis dan saksikan dari awal hingga akhir, lalu ceritakanlah apa yang telah anda saksikan dari tokoh utama, jalan cerita dan endingnya, nah seperti itulah menulis resensi.

Jika anda ingin menulis resensi buku carilah buku yang akan anda resensi, jangan lupa telepon penerbitnya apakah buku tersebut sudah pernah di resensi, jika belum segeralah minta persetujuan untuk menulis resensi.

Baca Juga: Harapan Asmirandah Kepada Chloe Soal Baca Buku

Tulislah dan kupas apa yang anda baca, lengkapi dengan data seperti judul buku, tahun penerbitan, nama penerbit, nama penulis, tebal buku lalu mulailah menulis.

Banyak majalah dan surat kabar yang menerima tulisan resensi, tentu anda memiliki dua keuntungan saat tulisan anda dimuat, anda selain mendapatkan honor juga akan mendapatkan juga dari penerbit atau  kemungkinan dari penulis.

Katakan saja buku anda sudah diresensi dan dimuat pada surat kabar, sebutkan nama surat kabarnya dan kirimkan melalui WhatsApp mereka karya anda tentang buku yang telah diresensi.

Nah mudah bukan ?***

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x