Menghindari 10 Kalimat yang Tidak Mendukung Komunikasi Orang tua dengan Anak

- 1 September 2023, 07:28 WIB
Menghindari 10 Kalimat yang Tidak Mendukung Komunikasi Ortu dengan Anak
Menghindari 10 Kalimat yang Tidak Mendukung Komunikasi Ortu dengan Anak /Pexels/

HARIAN BOGOR RAYA - Dalam proses tumbuh kembang anak, komunikasi yang baik antara orangtua dan anak sangatlah penting. Namun, terkadang tanpa disadari, kita dapat menggunakan kalimat yang dapat memengaruhi anak secara negatif. Berikut adalah beberapa kalimat yang perlu dihindari oleh orangtua saat berbicara kepada anak, guna membangun komunikasi yang positif dan mendukung perkembangan mereka:

1. "Kenapa Kamu Selalu...": 

Kalimat ini dapat membuat anak merasa disalahkan atau dikecam. Sebaiknya, coba gantikan dengan pertanyaan terbuka yang memungkinkan anak berbicara tentang perasaan atau alasan di balik perilakunya.

2. "Bukan Pekerjaanmu": Mengabaikan kontribusi anak dalam tugas-tugas rumah tangga dapat membuat mereka merasa tidak dihargai. Alih-alih, ajak anak untuk berkolaborasi dan memberikan tanggung jawab yang sesuai dengan usia mereka.

Baca Juga: Ini Rahasia Membuat Orang Tua Bahagia: Kasih, Perhatian, dan Penghargaan

3. "Kamu Tidak Boleh...": 

Kalimat ini bisa membuat anak merasa terkekang dan kurang memiliki ruang untuk belajar. Lebih baik jelaskan mengapa suatu tindakan kurang sesuai, dan ajak mereka berdiskusi tentang alternatif yang lebih baik.

4. "Kamu Pasti Tidak Bisa": 

Mengurangi keyakinan anak pada diri sendiri dengan mengatakan bahwa mereka tidak bisa, dapat menghambat perkembangan kepercayaan diri. Dorong mereka untuk mencoba dan memberikan dukungan.

Halaman:

Editor: Herawati Nurlia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x