Mengapa Ada Bulan Bahasa ? Begini Sejarah Singkatnya

- 26 Oktober 2023, 23:31 WIB
Musium Sumpah Pemuda/Tangkap layar YouTube
Musium Sumpah Pemuda/Tangkap layar YouTube /



HARIAN BOGOR RAYA - Sejak dicanangkan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 tercatat dalam sumpah pemuda salah satunya adalah " berbahasa yang satu yaitu bahasa Indonesia".

Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober merupakan bulan sejarah karena didalamnya ada peristiwa penting yaitu ditetapkannya bahas resmi Indonesia yang digunakan masyarakat, untuk itu bulan Oktober juga dijuluki Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Apa itu Bulan Bahasa ? menurut sumber literatur Bulan Bahasa adalah wujud kecintaan sekaligus rasa untuk menghormati bahasa nasional.

Baca Juga: 30 Tahun World Press Freedom Day, Hari ini dalam Sejarah

Untuk itu sebagai pemuda sebaiknya terpanggil hatinya untuk lebih mencintai bangsanya dan memahami apa yang telah dicetuskan oleh para pendahulu kita dan perlu memahami isi sumpah pemuda  untuk membangkitkan rasa kebangsaan yaitu bangsa Indonesia seperti yang tertulis dalam teks Sumpah Pemuda yaitu :

Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu tanah Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu bangsa Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Baca Juga: Hari Ini Dalam Sejarah, Kekuatan Musik Jazz Sebagai Pesan Perdamaian

Sebagai bangsa yang besar sebaiknya kita mendalami makna isi Sumpah Pemuda sebagai bentuk rasa cinta terhadap bangsa dan negara.***

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah