5 Rekomendasi Makanan Khas Betawi yang Wajib Dicoba

- 10 November 2023, 21:18 WIB
Ilustrasi/Pixabay
Ilustrasi/Pixabay /

HARIAN BOGOR RAYA- Setiap daerah memiliki makanan ciri khas tiap-tiap daerah. Di daerah Betawi mempunyai berbagai jenis makanan khas, menawarkan perjalanan kuliner yang memikat. Apakah kamu sudah tau makanan khas Betawi ada apa saja? berikut lima makanan khas Betawi yang wajib dicoba, mencerminkan rasa yang kaya dan beragam dari Betawi.

1. Kerak Telor
Kerak telor adalah makanan khas Betawi yang dikenal memiliki cita rasa yang unik, yakni memadukan manis, gurih, dan pedas. Makanan ini dibuat dari beras ketan yang digoreng, telur ayam, ebi, kelapa parut, dan rempah-rempah khas. Kerak telor memiliki akar sejarah berkaitan budaya keraton karena konon menjadi hidangan favorit para bangsawan.

2. Soto Betawi
Soto Betawi adalah hidangan berkuah khas yang terbuat dari daging sapi, kentang, tomat, dan rempah-rempah seperti daun jeruk dan serai. Makanan ini biasanya disajikan dengan kuah santan yang kental dan disantap dengan nasi putih atau ketupat. Soto Betawi pertama kali dipopulerkan oleh Li Boen Po sejak 1971. Ia lah pencipta pertama kata Soto Betawi.

Baca Juga: Seblak Kuliner Lezat Menggoda Lidah, Bisa Mengancam Kesehatan?

3. Kue Lupis
Kue lupis, camilan tradisional yang terbuat dari ketan yang dicampur dengan gula merah, kemudian dibungkus dengan daun pisang. Kue ini memiliki bentuk segi empat dan biasanya disajikan dengan kelapa parut di atasnya.Sebelum dinikmati, kue lupis yang sudah jadi harus dipotong terlebih dulu dengan setiap potongannya sama besar. Sebagai pelengkap, lupis disiram dengan gula jawa cair dan parutan kelapa yang sudah dikukus. Kue lupis dibanderol dengan harga murah meriah. Seporsinya dibanderol dengan harga sekira Rp5.000 hingga Rp20.000.

4. Kue Rangi
Selain kue lupis, ada juga kue rangi alias sagu rangi. Nama ini berasal dari singkatan 'digarang wangi' karena dibuat tanpa minyak dan dipanggang di tungku kayu. Terbuat dari tepung kanji, dipanggang dengan cetakan khusus, lalu disajikan dengan gula merah dan potongan buah seperti nanas atau nangka. Harganya terjangkau, sekitar Rp5.000 hingga Rp15.000 per porsi. Biasanya, kue rangi dijajakan secara tradisional oleh pedagang keliling dengan gerobak dari satu kampung ke kampung lainnya.

Baca Juga: Asinan Jagung Bakar Kuliner Asli Bogor Yang Wajib Anda Tahu

5. Asinan Betawi
Asinan Betawi adalah hidangan segar dari campuran sayuran dan buah-buahan seperti mentimun, kacang panjang, kol, nanas, dan bengkuang, disiram dengan kuah asam sedikit pedas. Dengan akulturasi budaya Betawi dan Tionghoa, makanan ini memiliki rasa lokal yang khas dan kesegaran, ditambah kerupuk untuk tekstur renyah. Harganya berkisar Rp15.000 hingga Rp30.000 per porsi, tergantung pada jenis dan variasi bahan.

Ketika Anda berada di Jakarta, pastikan untuk memulai petualangan kuliner dan nikmati keaslian dari lima hidangan Betawi yang lezat ini. Dari makanan khas betawi yang ada diatas mana nih yang kamu ingin coba?***

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah