7 Manfaat Telur Puyuh Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Diantaranya Buat Jantung

- 9 Januari 2024, 21:17 WIB
Ilustrasi telur puyuh/7 Manfaat Telur Puyuh Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Diantaranya Buat Jantung
Ilustrasi telur puyuh/7 Manfaat Telur Puyuh Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Diantaranya Buat Jantung /Pexels

HARIAN BOGOR RAYA - Telur puyuh, meskipun ukurannya kecil, memiliki nilai gizi yang tinggi dan sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. Berbeda dengan telur ayam biasa, telur puyuh sering diabaikan dan jarang diketahui banyak orang, padahal kandungan nutrisinya sangat baik untuk tubuh.

Telur puyuh mengandung kalori yang cukup rendah, yaitu hanya sekitar 15 kalori dalam tiap butirnya.

Tak hanya itu, kandungan nutrisi di dalam telur puyuh pun cukup beragam, seperti protein, karbohidrat, lemak, folat, kolin, serta aneka vitamin dan mineral, sehingga manfaat telur puyuh bagi kesehatan pun begitu banyak.

Baca Juga: Perhatikan Hal Penting Soal Telur Retak Jika Sedang Membeli Telur

Berikut adalah tujuh manfaat telur puyuh untuk kesehatan Kamu:

1. Kandungan Nutrisi yang Tinggi
Meskipun kecil, telur puyuh kaya akan nutrisi. Mereka mengandung protein berkualitas tinggi, vitamin B kompleks (terutama B12), vitamin D, fosfor, zat besi, seng, dan selenium. Kandungan nutrisi ini mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel, menjaga kesehatan kulit, dan memelihara sistem saraf.

2. Meningkatkan kesehatan otak
Telur puyuh memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan otak, yaitu asam folat, kolin, dan lemak sehat. Tidak hanya itu saja, kandungan antioksidan di dalam telur ini juga mampu melindungi sel otak dari kerusakan akibat paparan radikal bebas. Dengan asupan nutrisi tersebut, fungsi otak akan selalu terjaga sehingga kamu bisa lebih fokus dan konsentrasimu tetap terjaga.

Baca Juga: Alasan Tak Perlu Hindari Telur Saat Kolesterol Tinggi

3. Meningkatkan fungsi penglihatan
Manfaat telur puyuh selanjutnya adalah meningkatkan fungsi penglihatan. Telur puyuh mengandung vitamin A dalam jumlah tinggi, yang dapat membantu mencegah katarak dan masalah penglihatan lainnya. Vitamin A juga membantu jantung, paru-paru, ginjal, dan organ lainnya bekerja dengan baik.

4. Menjaga kesehatan jantung
Penelitian membuktikan bahwa lemak tak jenuh ganda, antioksidan, dan kalium yang terdapat di dalam telur puyuh dapat mengontrol tekanan darah dan kadar kolesterol agar tetap normal. Tentu saja kedua hal ini baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Halaman:

Editor: Didin Harian Bogor Raya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah