Ini Bahayanya Dengarkan Musik Memakai Handset Terlalu Lama

- 10 Maret 2023, 09:12 WIB
Handphone Solo Ketukan/Skitterphoto / Fixabay
Handphone Solo Ketukan/Skitterphoto / Fixabay /


Harian Bogor Raya - Mendengarkan musik memang sangat mengasikkan untuk mengembalikan mood karena musik adalah bisa membuat seseorang merasakan bahagia.


Namun bagi anda yang suka mendengarkan musik memakai headset baiknya dikurangi, lebih baik dengarkan dari luar telinga menggunakan alat yang pada umumnya.

Karena menggunakan handset dalam waktu lama akan berisiko terganggu alat pendengaran kita, dalam artikel Time Now News, Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) mengatakan  anak muda seluruh dunia beresiko kehilangan fungsi pendengaran akibat terlalu lama menggunakan handset.

Baca Juga: Ratusan Musisi Siap Guncang Java Jazz Festival 2023 pada Hari Ini, Bagi Penggemar Musik Wajib Tau!

Menggunakan handset berjam-jam  dapat membahayakan fungsi indra pendengaran kita sebaiknya memakai handset tidak terlalu lama  dan tidak dianjurkan untuk penggunaan dalam waktu berjam-jam apalagi sampai terlelap tidur.

Beberapa efek akan terjadi apabila kita terlalu lama menggunakan handset berikut yang anda harus tahu.

-Infeksi Telinga
Earphone yang dicolokkan langsung ke liang telinga dapat menjadi penghalang saluran udara. Penyumbatan kemudian dapat menjadi penyebab umum dari berbagai jenis infeksi telinga, termasuk pertumbuhan bakteri. 
Para ahli merekomendasikan untuk menghindari berbagi earphone dengan siapa pun. Sebab, bakteri berbahaya dapat berpindah dari satu telinga ke telinga lainnya.

Baca Juga: Raim Laode Cerita Tentang Lagu Komang dan Foto Gadis Bali

- Risiko Penyakit Jantung 
Menurut Pakar Kesehatan, mendengarkan musik melalui headphone  tidak baik untuk telinga dan juga jantung. Headphone membuat detak jantung menjadi lebih cepat. 
Alat ini juga menyebabkan kerusakan yang cukup parah pada jantung. Maka gunakanlah secukupnya durasi. 

- Tingkatkan Stres dan Kecemasan 
Penggunaan headphone dalam waktu lama dapat memengaruhi kehidupan sosial, kesehatan mental. Headphone juga dapat memengaruhi kemampuan seseorang untuk tampil di tingkat optimal. 


- Gangguan Pendengaran 
Penggunaan headphone secara terus-menerus akan memengaruhi pendengaran Anda. Kapasitas pendengaran telinga hanya 90 desibel. 
Kemudian berkurang menjadi 40-50 desibel dengan mendengarkan terus menerus. Hal iu membuat Anda tidak akan dapat mendengar suara yang jauh. 

Baca Juga: Lebih Baik Sendiri, Lirik Lagu Deddy Dores Fakta Menarik Perjalanan Kariernya

- Sakit Kepala 
Gelombang elektromagnetik yang dipancarkan dari headphone dan earphone berdampak buruk pada otak. Tentu hal ini menyebabkan sakit kepala berdenyut dan migrain. 
Banyak orang juga menderita gangguan tidur, susah tidur atau insomnia. Bahkan hingga menderita sleep apnea.***


sumber RRI

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x