Stop Buka Ponsel Saat Bangun Tidur, Kenali Dampak Buruknya dan Pelajari Cara Mengatasinya

- 26 April 2023, 17:01 WIB
Stop buka ponsel saat bangun tidur/kaboompics /fixabay
Stop buka ponsel saat bangun tidur/kaboompics /fixabay /


HARIAN BOGOR RAYA - Kebiasaan membuka ponsel  saat bangun tidur  sepertinya sudah menjadi bagian hidup di jaman digitalisasi ini, entah itu tuntutan pekerjaan atau membalas chat saat bangun tidur.


Menurut ahli terapis dan pemilik Act2Change Therapy and Wellness Center di Atlanta, Annisa Pirasteh mengatakan kebiasaan mengecek ponsel setelah bangun tidur berisiko terpapar informasi negatif atau stres. Nantinya ini dapat menyebabkan kekhawatiran.

"Kebiasaan ini merampas kesempatan kami untuk mulai pagi dengan diri sendiri, jauh dari kebisingan dunia," ujar Pirasteh seperti dilansir dari laman Huff Post, dikutip Harian Bogor Raya dari PMJ, Rabu, 26 April 2023.

Baca Juga: Tips Maksimalkan Fitur-fitur Ponsel Samsung Galaxy S23 Series 5G Demi Dapat Gambar Terbaik

Sambungannya kita bisa memulai dengan suasana pagi dengan hal-hal yang menyegarkan, menghirup udara pagi atau yang membuat suasana hati menjadi rileks.

Beberapa tips cara mengatasi kebiasaan membuka ponsel dapat anda terapkan setiap pagi mulai pagi ini diantara:

Siapkan Akses Batasan Aplikasi
Anda dapat menggunakan pengaturan bawaan di ponsel untuk membatasi akses ke aplikasi tertentu pada waktu yang ditentukan setiap hari. Baik Iphone atau Android, Anda bisa menyetelnya sendiri.
"Dengan membatasi akses ke aplikasi tertentu, seperti media sosial atau surel, Anda menciptakan penghalang yang menghambat penggunaan ponsel,” ungkap ahli strategi produktivitas Mike Vardy.

Baca Juga: Google Kembangkan Ponsel Lipat, Intip Gambaran Ponsel Lipat Google

Gunakan Alarm Bukan dari Ponsel
Psikolog dan spesialis kesejahteraan Inggris, Lee Chambers, menyarankan, agar lebih baik menggunakan jam alarm yang bukan dari ponsel.
"Menggunakan jam alarm yang bukan perangkat multifungsi menghilangkan godaan untuk menggunakan semua fiturnya," ujar Chambers.
Anda bisa membeli jam yang sederhana dan tidak terlalu mahal. Bergantung pada model, terkadang suaranya lebih lembut yang akan membangunkan Anda secara bertahap.

Simpan Ponsel di Ruangan Lain
Saat Anda tidak mengandalkan ponsel untuk membangunkan Anda, Anda dapat meninggalkannya di tempat lain. Cara ini akan mengurangi kemungkinan Anda meraihnya pada pagi hari.
"Pilihan bermanfaat lainnya adalah mematikan telepon Anda dan meninggalkannya di ruangan lain sehingga tidak terlihat," ucap pelatih eksekutif Naz Beheshti.
Menurut Chambers, meletakkan ponsel di tempat lain pada malam hari akan membuat Anda tidak menggulir aplikasi sebelum tidur. Ini akan meningkatkan kualitas tidur Anda.

Baca Juga: Google Sempat Goda Pengguna Android Kembangkan Pelacakan Ponsel Mati

Pilih Kebiasaan Pagi yang Bikin Bersemangat
Anda bisa mulai kebiasaan pagi yang membuat Anda bersemangat agar perhatian teralihkan dari bermain gawai. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah membuat secangkir teh, menulis di jurnal, atau membaca buku.***

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x