Harus Tahu! Ini Klasifikasi Golongan Darah A, B, AB, dan O, Sebelum akan Donor Darah

- 14 Juni 2023, 19:51 WIB
Blood Donation/Pixabay
Blood Donation/Pixabay /

HARIAN BOGOR RAYA - Darah adalah komponen penting dalam tubuh manusia yang berperan dalam menjaga kehidupan. Salah satu aspek penting yang membedakan darah antara individu adalah golongan darah.

Golongan darah adalah klasifikasi berdasarkan antigen dan antibodi yang ada dalam darah kita. Memahami jenis dan klasifikasi golongan darah penting karena dapat berdampak pada transfusi darah, kehamilan, dan bahkan risiko penyakit tertentu. Pemeriksaan golongan darah bisa dilakukan melalui tes darah. Golongan darah dibedakan menjadi empat tipe utama, yaitu A, B, AB, dan O.

Beriku berbagai jenis dan klasifikasi golongan darah yang menggunakan sistem ABO. 

Baca Juga: Hari Donor Sedunia 14 Juni 2023, Sejarah dan Memperingati Keberanian dalam Membantu Sesama

Berbagai Jenis dan Klasifikasi Golongan Darah
Ada dua teknik yang umumnya digunakan untuk mengelompokkan darah, yaitu menggunakan sistem ABO dan rhesus. Berikut ini adalah pengelompokan golongan darah menggunakan sistem ABO:

1. Golongan Darah A: Individu dengan golongan darah A memiliki antigen A pada permukaan sel darah merah mereka. Mereka memiliki antibodi terhadap antigen B. Golongan darah A dapat diterima dari donor dengan golongan darah A atau O.

2. Golongan Darah B: Individu dengan golongan darah B memiliki antigen B pada permukaan sel darah merah mereka. Mereka memiliki antibodi terhadap antigen A. Golongan darah B dapat diterima dari donor dengan golongan darah B atau O.

Baca Juga: 10 Ucapan Hari Donor Darah Sedunia 2023 yang Cocok untuk Caption di Instagram

Halaman:

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x