Hari Donor Sedunia 14 Juni 2023, Sejarah dan Memperingati Keberanian dalam Membantu Sesama

- 14 Juni 2023, 19:17 WIB
Hari Donor Sedunia 14 Juni 2023, Sejarah dan Memperingati Keberanian dalam Membantu Sesama/ sumber: pexels
Hari Donor Sedunia 14 Juni 2023, Sejarah dan Memperingati Keberanian dalam Membantu Sesama/ sumber: pexels /

HARIAN BOGOR RAYA - Setiap tahun, pada tanggal 14 Juni, dunia merayakan Hari Donor Sedunia. Perayaan ini dideklarasikan World Health Assembly ke-58 pada 2005 sebagai acara global tahunan. Hari Donor Darah Sedunia dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya donor darah. Tahun 2023 menjadi momen penting untuk menghargai dan memperingati semua individu yang telah memberikan sumbangan penting dalam bentuk darah, organ, jaringan, dan sumbangan kehidupan lainnya.

Hari Donor Sedunia memberikan kesempatan bagi kita semua untuk merayakan dan menghormati keberanian para donor serta mendorong orang-orang lain untuk bergabung dalam upaya mulia ini. Hari Donor Sedunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya donor darah, organ, dan jaringan, serta untuk menghormati para pahlawan yang telah memberikan sumbangan mereka untuk menyelamatkan nyawa orang lain. Ini adalah kesempatan bagi masyarakat di seluruh dunia untuk mengucapkan terima kasih kepada para donor yang telah memberikan harapan baru kepada mereka yang membutuhkan.

Sejarah Hari Donor Sedunia
Berawal dari seorang dokter asal Inggris, merupakan orang pertama yang meneliti ilmu donor darah untuk hewan. Ia berhasil mentransfusikan darah anjing ke anjing lain tanpa efek sakit berarti. Dalam buku 'Tractatus de Corde', Lower menuliskan tentang transfusi darah dan fungsi sistem kardiopulmonal (pernapasan dan jantung).

Baca Juga: Pentingnya Aktivitas Fisik Bagi Kesehatan, Termasuk Orang Berisiko Genetik Tinggi

Kendati Lower adalah orang pertama yang meneliti donor darah, WHO memutuskan mengambil tanggal lahir Karl Landsteiner sebagai Hari Donor Darah Sedunia. Landsteiner merupakan ahli patologi dan imunologi berdarah Austria-Amerika. Ia mendapat hadiah Nobel pada 1930 untuk karyanya tentang golongan darah dan pengembangan sistem transfusi darah modern.

Memperingati Keberanian dalam Membantu Sesama

Hari Donor Sedunia menyoroti pentingnya donor darah dalam menyelamatkan nyawa manusia dan mendorong lebih banyak orang untuk menjadi donor rutin. Setetes darah dapat membuat perbedaan besar bagi seseorang yang membutuhkannya dalam situasi darurat, operasi, atau perawatan jangka panjang.

Baca Juga: Ketahui Deretan Manfaat kesehatan Jika Konsumsi Ikan Salmon

Halaman:

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah