Pentingnya Pengawasan Dana Samisade untuk Optimalisasi Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat

- 25 Juli 2023, 17:05 WIB
Program Samisade Salah Satu Program Unggulan Pancakarsa
Program Samisade Salah Satu Program Unggulan Pancakarsa /Bocimiupdate.com/asep syahmid

HARIAN BOGOR RAYA - Pengawasan Dana Satu Miliar Satu Desa (Samisade) di Kabupaten Bogor pada tahun 2023 merupakan upaya penting untuk memastikan optimalisasi penggunaan anggaran dan mendorong pembangunan yang berkelanjutan di tingkat desa.

Di tahun 2023, ada 3 Kepala Desa terjerat kasus hukum dalam penggelapan padahal Dana Samisade adalah program pemerintah daerah yang bertujuan untuk memberikan dana sebesar satu miliar rupiah kepada setiap desa dalam rangka pembangunan infrastruktur dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang pentingnya pengawasan Dana Samisade di Kabupaten Bogor dan peran transparansi serta partisipasi masyarakat dalam mewujudkan pembangunan yang berdaya guna.

Baca Juga: Segini Dana Desa, ADD, Samisade dan Banprov 15 Desa di Kecamatan Pamijahan Bogor Tahun 2023

1. Transparansi dalam Penggunaan Dana Samisade

Transparansi menjadi kunci dalam pengawasan Dana Samisade di Kabupaten Bogor. Pemerintah daerah harus memberikan informasi yang jelas dan terbuka mengenai alokasi dan rencana penggunaan dana di setiap desa.

Informasi ini harus mudah diakses oleh masyarakat dan dapat dipahami dengan baik.

Transparansi akan membuka ruang bagi partisipasi masyarakat dalam memantau dan memberikan masukan terhadap penggunaan dana.

2. Partisipasi Masyarakat dalam Pengawasan

Halaman:

Editor: Didin Harian Bogor Raya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x