Mengapa Menunda Minum Setelah Makan Memiliki Menfaat Tertentu

- 25 Agustus 2023, 07:58 WIB
Ilustrasi/Pixabay
Ilustrasi/Pixabay /

HARIAN BOGOR RAYA - Pernahkah Anda mendengar anjuran untuk tidak minum segera setelah makan? Meskipun tampak seperti tradisi kuno, nyatanya ada dasar ilmiah yang mengindikasikan bahwa menunda minum setelah makan memiliki manfaat tertentu bagi pencernaan dan kesehatan secara keseluruhan.

Artikel ini akan menjelaskan alasan di balik anjuran ini dan mengapa menjadi bijak untuk memberi jeda sebelum minum setelah makan.

Proses Pencernaan yang Diperlukan

Saat Anda makan, tubuh Anda memulai proses pencernaan yang melibatkan enzim-enzim pencernaan. Saliva (air liur) mengandung enzim amilase yang membantu dalam pemecahan karbohidrat dalam makanan. Minuman, terutama yang dingin, dapat mengganggu kerja enzim ini, sehingga dapat mengurangi efisiensi pencernaan.

Baca Juga: Tips Minum Air Putih dari Instruktur Yoga

Pengaruh Suhu pada Enzim dan Proses Pencernaan

Saat kita mengonsumsi makanan hangat atau panas, tubuh akan berusaha menyesuaikan suhu untuk proses pencernaan yang optimal. Jika kita langsung minum minuman dingin, ini bisa merusak keseimbangan suhu yang diperlukan oleh tubuh, bahkan memperlambat pencernaan.

Efek pada Absorpsi Nutrisi

Proses pencernaan yang efisien memungkinkan tubuh untuk mencerna dan menyerap nutrisi lebih baik. Jika kita minum terlalu banyak setelah makan, terutama minuman yang mengandung kafein atau alkohol, hal ini bisa mengganggu penyerapan nutrisi, terutama mineral seperti besi dan kalsium.

Halaman:

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x