Jurusan yang Paling Dibutuhkan Hingga 5 Tahun ke Depan: Tantangan dan Peluang

- 29 Agustus 2023, 20:48 WIB
Ilustrasi kampus
Ilustrasi kampus /PIXABAY/nikolayhg/

HARIAN BOGOR RAYA - Pemilihan jurusan kuliah adalah keputusan penting yang dapat memengaruhi karir dan masa depan seseorang. Saat ini, dunia terus berkembang dengan cepat, dan beberapa jurusan di bawah ini diprediksi akan sangat dibutuhkan dalam lima tahun ke depan karena perubahan lingkungan sosial, teknologi, dan ekonomi.

1. Teknologi Informasi dan Rekayasa Perangkat Lunak (TI & RPL)

Dengan terus berkembangnya teknologi, kebutuhan akan ahli TI dan pengembang perangkat lunak akan terus meningkat. Dari pengembangan aplikasi hingga keamanan siber, peluang karir di bidang ini sangat luas.

2. Kesehatan dan Keperawatan

Pertumbuhan penduduk dan perkembangan inovasi medis memicu permintaan yang besar terhadap profesional kesehatan. Ahli medis, perawat, dan tenaga medis lainnya akan terus diperlukan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas.

Baca Juga: Tim Peneliti Universitas Qatar Ungkap Perokok Shisha dan Diagnosis Penyakit Kardiovaskular

3. Ilmu Data dan Analitik

Besarnya jumlah data yang dihasilkan oleh berbagai sektor menciptakan permintaan akan ahli ilmu data dan analitik. Mereka membantu menganalisis data untuk mengambil keputusan bisnis yang lebih cerdas.

4. Energi Terbarukan dan Lingkungan

Kesadaran akan lingkungan semakin meningkat, mendorong pertumbuhan dalam industri energi terbarukan, manajemen limbah, dan konservasi lingkungan. Ahli di bidang ini akan berkontribusi pada solusi yang berkelanjutan untuk masa depan.

Halaman:

Editor: Herawati Nurlia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah