Ini 5 Makanan yang Baik untuk Otak serta Cocok untuk Orang Pelupa

- 17 September 2023, 14:23 WIB
Ilustrasi kandungan minyak pada alpukat.
Ilustrasi kandungan minyak pada alpukat. /Pexels/Towfiqu barbhuiya /

HARIAN BOGOR RAYA -  Lupa merupakan hal yang biasa. Sebagai contoh melupakan letak kunci, lupa hari, maupun tanggal-tanggal penting nan berharga. Konsumsi makanan juga dapat mempermudah kita dalam belajar dan memahami hal-hal baru, mengasah keterampilan memecahkan masalah, menilai, dan mengingat. 

Berikut lima makanan yang baik untuk otak yang dilansir dari pikiranrakyat.com

1. Alpukat

Penelitian yang dilakukan oleh Tufts University menyimpulkan, alpukat adalah makanan yang baik untuk otak dan daya ingat. Peserta dalam penelitian ini makan satu buah alpukat per hari selama enam bulan, dan hasilnya menunjukkan peningkatan dalam pemecahan masalah dan memori kerja. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh adanya antioksidan lutein yang diserap otak setelah mengonsumsi alpukat.

2. Bayam

Penuh dengan antioksidan lutein dan beta-karoten karotenoid, bayam merupakan makanan yang baik untuk otak dan daya ingat. Sebuah studi tahun 2020 menemukan bahwa hal ini dapat mengurangi kemungkinan buruknya fungsi kognitif pada wanita seiring bertambahnya usia.

Antioksidan karotenoid dalam bayam bekerja melawan kerusakan oksidatif pada sel otak. Sebuah studi serupa menemukan bahwa respons otak peserta paruh baya yang mengonsumsi lutein tingkat tinggi serupa dengan orang yang lebih muda.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Alpukat untuk Mempercantik Kulit Wajah Anda

3. Tempe

Halaman:

Editor: Herawati Nurlia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x