Bahaya Minum Air Es di Cuaca Panas Ekstrem

- 7 Oktober 2023, 21:53 WIB
Potret ilustrasi segelas air es atau air dingin
Potret ilustrasi segelas air es atau air dingin /Sutulo/Pixabay

HARIAN BOGOR RAYA - Musim panas dengan suhu ekstrem bisa sangat memikat untuk mencari penyegaran dari minuman dingin seperti air es. Namun, perlu diingat bahwa minum air es dalam cuaca panas ekstrem bisa memiliki dampak negatif pada kesehatan Anda. 

Dirangkum dari berbagai sumber, ini akan menguraikan bahaya-bahaya yang mungkin timbul dari kebiasaan minum air es saat cuaca sedang sangat panas.

1. Syok Termal:

Salah satu bahaya utama minum air es saat cuaca panas ekstrem adalah potensi terjadinya syok termal. Ketika Anda minum air yang sangat dingin, tubuh Anda harus menggunakan energi ekstra untuk mencerna dan menghangatkannya. Hal ini bisa mengganggu proses pendinginan alami tubuh Anda dan memicu syok termal.

Baca Juga: Menyegarkan atau Berisikokah Minum Air Es di Cuaca Panas

2. Ketegangan Lambung:

Air es bisa menyebabkan ketegangan pada lambung. Minuman yang sangat dingin dapat mengganggu sistem pencernaan dan menyebabkan kontraksi otot lambung, yang bisa menyebabkan perasaan kembung, mual, atau bahkan nyeri perut.

3. Gangguan Gastrointestinal:

Minum air es saat cuaca panas ekstrem juga dapat memicu gangguan gastrointestinal. Air dingin dapat mengganggu saluran pencernaan Anda dan menyebabkan masalah seperti diare atau sembelit.

4. Meningkatkan Risiko Infeksi Tenggorokan:

Halaman:

Editor: Herawati Nurlia


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah