5 Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Tepat dan Aman

- 30 November 2023, 05:41 WIB
5 Bahan alami untuk membersihkan Plak (karang gigi) Gigi, mengurangi bau mulut dan menjaga kesehatan mulut dan gusi
5 Bahan alami untuk membersihkan Plak (karang gigi) Gigi, mengurangi bau mulut dan menjaga kesehatan mulut dan gusi /pexels/

HARIAN BOGOR RAYA - Karang gigi adalah lapisan keras yang terbentuk pada permukaan gigi akibat penumpukan plak yang mengeras. Karang gigi dapat menyebabkan masalah kesehatan gigi, seperti radang gusi dan kerusakan gigi.

Oleh karena itu, membersihkan karang gigi dengan tepat dan aman adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan.

Berikut adalah 5 cara membersihkan karang gigi dengan tepat dan aman:

1. Memperbanyak Asupan Vitamin C

Vitamin C memberikan banyak manfaat baik bagi tubuh, salah satunya adalah menjaga kebersihan gigi serta kesehatan gusi, ligamen, dan tulang alveolar pada gigi. Untuk membersihkan karang gigi, dapat dimulai dari memiliki gigi bersih dan sehat dengan memenuhi asupan vitamin C. Jadi, cobalah memperbanyak konsumsi vitamin C dari buah-buahan.

Baca Juga: 3 Cara Atasi Memori Gmail Penuh, Lakukan Ini!

2. Sikat Gigi dengan Benar

Menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut dan dengan gerakan melingkar adalah cara efektif membersihkan karang gigi. Pastikan untuk menyikat setidaknya dua kali sehari, terutama setelah makan. Hindari menyikat terlalu keras, karena bisa merusak enamel gigi.

3. Mencuci Mulut dengan Obat Kumur

 Mencuci mulut dengan obat kumur dapat Anda coba sebagai salah satu cara menghilangkan karang gigi.  Obat kumur dapat menjadi langkah praktis guna mengangkat sisa kotoran pada gigi. Selain itu, rajin berkumur dengan obat kumur akan memberikan aroma segar pada napas.

Halaman:

Editor: Herawati Nurlia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x