Cara Terbaru Teknik Mencangkok Tanaman Agar Berbuah Cepat dan Hasilnya Menakjubkan

- 7 Desember 2023, 09:48 WIB
Teknik mencangkok tanpa mengupas kulit/tangkap layar YouTube
Teknik mencangkok tanpa mengupas kulit/tangkap layar YouTube /


HARIAN BOGOR RAYA - Jika kita lakukan pencakokan tanaman dengan benar tentu hasilnya sangat memuaskan, mencangkok tanaman adalah cara membudidayakan tanaman batang seperti mangga, jambu dan lainnya.

Namun tidak semua tanaman batang dapat dicangkok ada jenis -jenis tanaman tidak bisa dicangkok

Tanaman yang dapat dicangkok adalah hanyalah tanaman berkambium dan  biji berkeping dua, seperti Rambutan, mangga, jambu air  dan lainnya.

Bagaimana cara mencangkok agar berbuah cepat, mungkin Anda sudah tahu teknik mencangkok yaitu dengan cara mengupas kulit batang tanaman dan memisahkan kambiumnya.

Baca Juga: 5 Fakta Tanaman Serai Senjata Alami Melawan Nyamuk

Namun mungkin cara tersebut terlalu ribet dan lama prosesnya sehingga Anda harus membutuhkan peralatan dan bahan lainnya.

Nah berikut teknik terbaru mencangkok  tanpa harus menguliti dan mengerik kambiumnya, langkah pertama yang harus Anda persiapkan adalah menyiapkan media yang baik.

- Siapkan media yang baik yaitu cocopeat atau media tanam organik serbuk sabut kelapa Anda dapat mencari nya di toko tanaman.

- Bungkuslah cocopeat dengan plastik besar kecilnya tergantung dari jenis batang yang Anda butuhkan untuk mencangkok.

- Pilihan tanaman yang akan dicangkok misalnya mangga, jarak dari ujung hingga bakal kita cangkok adalah 50 cm karena lebih kurang 15 -20 cm batang tanaman tersebut akan kita tanam.

Gergajilah seperempat batang yang akan kita cangkok dengan menggunakan gergaji besi atau alat lainnya jangan sampai terputus cukup sedikit untuk memisahkan kulit dan batang induknya.

- Ganjal bagian dari batang dengan menggunakan dua batang lidi agar  batang induknya tidak menempel semua dari kulit dan batang yang akan dicangkok.

- Ambil cocopeat yang telah dibungkus plastik tadi, usahakan cocopeat sudah lembat terlebih dahulu disiram air

- Belahlah bungkusan cocopeat tadi separuh lalu tempelkan pada batang tadi dan ikat agar batang tanamanan tadi menjadi kuat, lubangi bungkusan cocopeat tadi dengan lidi agar saat hujan air dapat keluar tujuannya agar akar yang dicangkok tidak terlalu lembab saat hujan.

Baca Juga: CANTIK! Daftar 7 Tanaman Hias, Bisa Jadi Hiasan di Meja Kerja

Proses pencangkokan selesai tunggulah sampai tanaman cangkok tadi berakar sekitar 1 bulan sampai 2 bulan.

Dengan cara teknik cangkok ini  budidaya tanaman lebih cepat berbuah lebat, nah itulah cara terbaru mencangkok tanaman agar lebih cepat menghasilkan.***

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x