Ketahui 6 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

- 17 Desember 2023, 18:57 WIB
Ketahui 6 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan
Ketahui 6 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan /pixabay/Iskandar63/

HARIAN BOGOR RAYA - Di tengah maraknya tren gaya hidup sehat, daun kelor (Moringa oleifera) telah muncul sebagai salah satu bintang yang bersinar dalam dunia kesehatan.

Daun kelor bukan hanya menjadi bagian dari warisan kuliner berbagai budaya, tetapi juga dikenal karena khasiatnya yang luar biasa dalam mendukung kesehatan manusia.

Khasiat daun kelor di bidang kesehatan ini tidak tanggung-tanggung, bahkan telah diakui oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Baca Juga: Manfaat Daun Kelor untuk Ibu Hamil Hingga Turunkan Risiko Anak Stunting

Lembaga itu memasukkan daun kelor sebagai salah satu rekomendasi makanan untuk bayi demi memenuhi kebutuhan gizi mereka.

Berikut manfaat daun kelor:

1. Menurunkan Kolesterol
Studi menunjukkan bahwa konsumsi daun kelor dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Kandungan senyawa bioaktif seperti quercetin dan beta-sitosterol dapat berkontribusi dalam mengatur kadar lipid darah.

2. Mencegah diabetes
Selain kolesterol, daun kelor juga bisa menurunkan kadar gula darah yang cukup tinggi. Sebuah studi menunjukkan, saat Anda rutin mengonsumsi 1,5 sendok teh bubuk daun kelor selama tiga bulan, gula darah bisa turun hingga 13,5 persen. Selain dibuat bubuk, daun kelor kering yang dicampur ke dalam masakan juga bisa mengurangi gula darah hingga 21 persen.

Baca Juga: 5 Khasiat Daun Kelor, Apa Bisa Menyembuhkan Asam Urat?

3. Mengatasi asam lambung
Polifenol, flavonoid, hingga asam askorbat dalam daun kelor cocok untuk Anda yang mengalami masalah asam lambung. Ketika asam lambung meningkat, cobalah konsumsi daun kelor untuk menetralisirnya.

Halaman:

Editor: Didin Harian Bogor Raya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah