Begini Cara Daftar KIP Kuliah 2024, Lengkap Jadwal dan Persyaratannya!

- 12 Februari 2024, 22:55 WIB
Jadwal pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2024 akan dibuka kapan? Cek syarat dan cara daftar di laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id.
Jadwal pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2024 akan dibuka kapan? Cek syarat dan cara daftar di laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id. /Tangkap layar Instagram.com/@puslapdik_dikbud

HARIAN BOGOR RAYA - Siapa yang ingin kuliah namun kendala dengan biaya dan masalah ekonomi? Tenang saja sekarang sudah ada KIP Kuliah yang bisa wujudkan cita-cita kamu. KIP Kuliah 2024 adalah salah satu program pemerintah dalam upaya membantu asa para siswa yang memiliki keterbatasan ekonomi tetapi berprestasi agar bisa melanjutkan studi di perguruan tinggi.

Pendaftaran KIP Kuliah 2024 sudah dibuka hari ini, Senin 12 Februari 2024. melalui laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/. Manfaat utama KIP Kuliah adalah jaminan biaya pendidikan yang dibayarkan langsung ke perguruan tinggi berdasarkan Akreditasi Program Studi (Prodi). Oleh karena itu, pendaftaran KIP Kuliah biasanya akan dimulai bersamaan dengan waktu seleksi masuk PTN.

Begini Cara Mendaftar KIP Kuliah 2024:

Baca Juga: CEK FAKTA: Heboh Ribuan KIP Dibuang, Polisi Akan Mintai Keterangan Kepala Sekolah, Pihak Bank dan Pelajar

1. Siswa membuka laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ dan membuat pendaftaran akun secara mandiri
2. Siswa memasukan NIK, NISN, NPSN, dan alamat email aktif
3. Sistem akan melakukan validasi NIK, NISN, dan NPSN untuk melihat melihat kelayakan peserta
4. Setelah proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah akan mengirim Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email terdaftar peserta
5. Siswa kembali masuk ke laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ untuk memasukan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses guna menyelesaikan proses pendaftaran
6. Peserta memilih proses seleksi seperti SNBP, SNBT, atau Mandiri
7. Perguruan tinggi akan melakukan verifikasi lebih lanjut ketika peserta telah dinyatakan diterima sebagai mahasiswa sebelum diusulkan ke Puslapdik sebagai penerima KIP Kuliah Merdeka.

Jadwal daftar KIP Kuliah 2024

Dilansir dari Webinar Sosialisasi Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka Tahun 2024 yang disiarkan di YouTube Kemendikbud RI. Pendaftaran KIP Kuliah dijadwalkan dibuka mulai Senin, 12 Februari 2024 dan berakhir hingga 31 Oktober 2024.

Baca Juga: 5 Persiapan Sebelum Memulai Hari Pertama Kuliah

Sementara pendaftaran SNBP dibuka pada 14 Februari 2024. Pendaftaran KIP Kuliah untuk seluruh jalur seleksi, baik itu SNBP, UTBK-SNBT, dan Mandiri dilakukan secara online melalui link kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

Syarat daftar KIP Kuliah 2024
Sebelum mendaftar KIP Kuliah 2024, siswa harus mempersiapkan data untuk mendaftar KIP Kuliah, antara lain:
1. Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
2. Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)
3. Nomor Induk Kependudukan (NIK)

Itulah penjelasan mengenai cara daftar KIP Kuliah 2024, dilengkapi dengan jadwal dan persyaratannya. Ayo kuliah dan segera cari kampus idamanmu!***

Editor: Didin Harian Bogor Raya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x